Categories

Berita

Dicoding Umumkan Pemenang "Indonesia Ramadhan Challenge"

Aplikasi Belajar Menghafal Hijaiyah, MyQuran Al Qur’an Anak, dan Doa Anak Sholeh terpilih menjadi yang terbaik

Prayogo Ryza - 14 June 2016

Menyambut bulan suci Ramadan, Dicoding menyelenggarakan challenge bertajuk "Indonesia Ramadhan Challenge" yang gelar pada periode 16 Mei – 5 Juni 2016. Dalam tantangan tersebut para pengembang berlomba untuk membuat aplikasi yang dapat menunjang kegiatan beribadah maupun bersilaturahmi di bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Dari jumlah 48 pengembang aplikasi yang berpartisipasi, terpilih tiga aplikasi sebagai pemenang, yakni Belajar Menghafal Hijaiyah, MyQuran Al Qur’an Anak, dan Doa Anak Sholeh. Masing-masing pemenang berhak mendapatkan penghargaan sebesar 5000 XP Dicoding Points yang disponsori oleh Intel Indonesia.

Ada sebuah tradisi yang coba dilestarikan pihak Dicoding melalui tantangan ini. Kegiatan-kegiatan islami seperti sholat berjamaah di masjid, tadarus Al Quran, dan menyalurkan infaq. Termasuk juga tradisi lebaran seperti mudik. Untuk itu Dicoding mensyaratkan aplikasi yang mengikuti tantangan haruslah yang bisa membantu umat Islam melestarikan tradisi-tradisi tersebut.

“Menyadari pentingnya peranan developer lokal dalam mengawal konten aplikasi yang tepat guna, Dicoding berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya yang mampu mengakselerasi para developer dalam membuat aplikasi terbaik yang positif, inovatif, dan sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa,” tutur CEO Dicoding Narenda Wicaksono.

Masing-masing pemenang mengusung konsep yang berbeda-beda. Belajar Menghafal Hijaiyah yang dikembangkan Ali Usman misalnya, didesain untuk membantu anak-anak untuk belajar menghafal huruf-huruf Hijaiyah dengan metode gaming. Seperti puzzle dan mencocokkan.

Berbeda dengan MyQuran Al Qur’an Anak yang dikembangkan The Wali Studio. Lebih mengedepankan konsep anak-anak, MyQuran Al Qur’an Anak di desain dengan tampilan ceria khas anak-anak, dengan demikian anak-anak diharapkan betah membaca Al Quran. Sedang pemenang lainnya yakni Doa Anak Sholeh dari Edukasimu Interaktif mengusung konsep kumpulan doa sehari-hari dan tentu dengan desain khas anak-anak.

Hadiah berupa XP poin yang didapat masing-masing pemenang nantinya dapat diakumulasikan dengan poin masing-masing sebelumnya dan dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik seperti smartphone, laptop, review aplikasi, dan hadiah-hadiah lainnya.

Application Information Will Show Up Here
Application Information Will Show Up Here
Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter