Categories

Gadget

Didefinisikan Paper Tablet, reMarkable Mengemas Layar Sentuh Tanpa Berlapis Kaca

Kegiatan corat-coret pun terasa alami, sangat mendekati kertas dan bolpen

Glenn Kaonang - 6 December 2016

Teknologi e-ink kerap diasosiasikan dengan perangkat e-reader macam Amazon Kindle. Namun sebuah perusahaan asal Norwegia bernama reMarkable percaya e-ink juga bisa diadaptasikan menjadi alat bantu produktivitas dan kreativitas. Berangkat dari ide tersebut, lahirlah reMarkable “paper tablet“.

Ya, ini bukan sekadar tablet biasa yang ditujukan untuk bersaing dengan iPad dan kawan-kawannya. Pengembangnya mendefinisikan reMarkable sebagai kertas digital untuk membaca, menulis dan menggambar. Gaming dan multimedia sama sekali tidak terlibat di sini.

Sebelum ini sebenarnya sudah ada perangkat dengan konsep serupa, yakni Noteslate dan Sony Digital Paper. Namun reMarkable menyimpan sesuatu yang tidak dimiliki kedua perangkat tersebut, yakni layar sentuh kapasitif tanpa berlapis kaca. Sebagai gantinya, mereka menerapkan teknologi rancangan mereka sendiri yang dijuluki Canvas, dengan permukaan seperti, well, kanvas.

Permukaan layar reMarkable tidak licin dan menyerupai kanvas sungguhan / reMarkable
Permukaan layar reMarkable tidak licin dan menyerupai kanvas sungguhan / reMarkable

Layar monokrom ini diklaim sanggup memberikan sensasi mencorat-coret yang sangat mendekati kertas dan bolpen. Karena tidak berlapis kaca, menulis atau menggambar di atasnya dijamin tidak terasa licin, dan layar pun tidak akan tampak silau meski sedang berada tepat di bawah sinar matahari.

Ukuran penampang layar sebesar 10,3 inci dan resolusi 1872 x 1404 pixel memastikan semuanya tampak tajam dengan tinta digital yang hitam pekat. Semua ini turut didukung oleh latency serendah 55 milidetik supaya input terasa responsif, secepat menggunakan kertas dan bolpen. reMarkable pun datang bersama sebuah stylus yang punya 2.048 tingkat sensitivitas tekanan dan tidak perlu di-pair maupun di-charge sama sekali.

Khusus untuk membaca, menulis dan menggambar, jangan harapkan reMarkable untuk gaming atau menonton film / reMarkable
Khusus untuk membaca, menulis dan menggambar, jangan harapkan reMarkable untuk gaming atau menonton film / reMarkable

reMarkable dibekali kapasitas penyimpanan sebesar 8 GB, kira-kira dapat menampung sekitar 100.000 halaman. Baterai 3.000 mAh-nya diyakini mampu bertahan selama berhari-hari sebelum perlu diisi ulang, dan bobot serta tebal perangkat cuma berkisar 350 gram dan 6,7 mm agar dapat digunakan dengan nyaman.

Pre-order reMarkable saat ini sudah dibuka dengan banderol $379 yang mencakup stylus beserta folio case. Harga retail-nya diperkirakan bakal melonjak menjadi $716.

Sumber: New Atlas dan reMarkable.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter