Categories

Mobile

Didukung Opera Max, Samsung Galaxy J Series Jadi Hemat Data

Kerjasama antara Opera dan Samsung ini melahirkan fitur ultra data saving (UDS) untuk trio Galaxy J

Bambang Winarso - 2 June 2016

Setelah mendampingi pengguna Netflix dalam menghemat konsumsi data, Opera Software kembali membuat pergerakan penting dengan menggandeng Institut Penelitian dan Pengembangan Samsung Indonesia. Bersama-sama, keduanya akan bersinergi menghadirkan fitur ultra data saving  (UDS) andalan Opera Max ke sejumlah smartphone Samsung, antara lain Samsung Galaxy J3, Galaxy J5, dan Galaxy J7.

Bagi Anda yang belum familiar dengan fitur ultra data saving  (UDS), ini teknologi penghematan data unik dari Opera Max yang membantu memangkas konsumsi data ketika mengakses konten dari dunia maya seperti gambar, halaman situs, suara dan termasuk video. Pemangkasan ini tidak hanya berlaku untuk aplikasi peramban, tapi juga diberlakukan ke aplikasi-aplikasi yang memang paling banyak menyedot data seperti YouTube, Instagram, Netflix dan Flipboard.

Kendati demikian, teknologi ultra data saving  (UDS) tidak mengurangi pengalaman pengguna terhadap konten yang disajikan. Justru ia dirancang mengoptimalkan data aplikasi tertentu tanpa harus merasa khawatir dengan pengunaan data internet secara berlebihan.

Di Indonesia, menurut survei yang dilakukan oleh Opera, 43% pengguna Android di Indonesia menunjukkan bahwa mereka tidak dapat menggunakan internet sesuai kebutuhan karena terbatasnya paket data. 1 dari 5 pengguna Android tidak dapat menonton video jika tidak ada jaringan WiFi.

Fitur UDS yang disematkan di perangkat-perangkat Samsung diklaim dapat memangkas hingga 60% penggunaan data ketika mengakses video streaming. Sementara untuk aktivitas obrolan online, UDS memangkas 45% data, 40% untuk streaming musik, 60% saat belanja online dan 35% ketika membaca berita.

Pengguna juga dapat melihat tinjauan awal agar lebih mudah menelusuri jumlah data yang telah dikonsumsi dan dihemat, sehingga mereka mendapat pengalaman penggunaan data internet yang lebih baik. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat melakukan klik pada tombol UDS di bagian Pengaturan.

Denny Galant selaku Head of Product Marketing IT&Mobile, Samsung Electronics Indonesia mengatakan, “Fitur UDS (Ultra Data Saving) yang didukung oleh Opera Max menyediakan lebih dari 50% penghematan data dan menyisakan RAM hingga 11%, yang tentunya sangat menguntungkan bagi pengguna mobile internet di Indonesia.”

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter