1. Startup

Diferensiasi Bisnis Penting Agar Tidak Tenggelam dan Dilupakan

Termasuk bagian dari rangkaian inovasi dalam siklus berkembangnya bisnis

Menjalankan sebuah bisnis tentu akan akrab dengan yang namanya persaingan. Para pesaing bisa datang dengan berbagai macam konsep, termasuk dengan konsep yang serupa, mirip, bahkan sama persis dengan bisnis yang dikelola. Cara untuk terus berada di permukaan dan mencuri perhatian pengguna adalah dengan menjadi berbeda. Diferensiasi adalah kunci. Tentu diferensiasi dalam konteks yang positif. Apa pun bentuknya diferensiasi harus diupayakan.

Jika inovasi adalah harga mati, diferensiasi adalah bagian dari inovasi. Pembeda ini tidak sebatas menjadi terbaik tetapi menjadi sebuah bisnis yang menawarkan sesuatu berbeda. Menjadi beda ini merupakan salah satu poin penting yang harus dilakukan jika bisnis tidak ingin kalah bersaing dengan kompetitor. Untuk itu penting sekali terus menjaga pandangan atau mengamati perkembangan kompetitor.

Dengan pengamatan yang berkelanjutan terhadap kompetitor, kita bisa membandingkan produk, fitur, atau layanan apa yang kompetitor berikan dan seperti apa respon dari pasar. Kita bisa belajar faktor apa yang membuat produk kompetitor disukai, cari tahu pelajari dan kembangkan untuk produk kita. Kemudian hindari kesalahan-kesalahan apa yang kompetitor perbuat. Sekali lagi proses ini bukan untuk duplikasi, tetapi sebagai bahan pertimbangan untuk mewujudkan sebuah inovasi yang berbeda.

Setelah menemukan titik diferensiasi bisnis, jangan terburu-buru untuk meluncurkan produk baru. Pertimbangkan nilai lebih apa yang didapatkan pengguna. Hal penting yang tidak boleh ketinggalan dari proses diferensiasi adalah validasi pasar. Apa yang pengguna inginkan. Cari tahu apa yang pengguna dapatkan dari perbedaan itu. Jadi tidak asal berbeda, tetapi juga memiliki nilai lebih di mata pengguna.

Memahami diferensiasi produk kita dibanding kompetitor merupakan separuh jalan dari kompetisi untuk menjadi pembeda. Separuh jalan lainnya adalah dengan memberikan pemahaman kepada pengguna mengenai poin utama perbedaan yang dimiliki.

Proses membuat diferensiasi ini bukan proses sekali dua kali, ini merupakan sebuah proses yang panjang. Sebuah perjuangan dalam upaya memenangkan persaingan dengan kompetitor lain. Meskipun posisi bisnis sudah menguasai pasar. Selalu ingat, inovasi atau mati.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again