Categories

Berita

Digital Fashion Week Digelar, Hadirkan Tayangan "Live Streaming"

Memiliki fitur khusus "click and purchase" untuk pakaian "off the runway"

Yenny Yusra - 2 October 2015

Fashion week merupakan pagelaran bergengsi yang memberikan kesempatan bagi para perancang busana untuk memamerkan koleksi terbaru setiap musim. Jika selama ini fashion week yang digelar bersifat eksklusif, artinya hanya kalangan tertentu di industri fashion yang diundang dan dapat menikmati pagelaran busana tersebut, saat ini dengan hadirnya platform berbasis digital digelar Digital Fashion Week memberikan kesempatan kepada pecinta fashion untuk menikmati langsung pagelaran busana melalui YouTube. Pada dasarnya Digital Fashion Week adalah platform streaming online bisa dinikmati disemua perangkat yang terkoneksi dengan Internet.

Kegiatan yang diinisiasi oleh pendiri dan Managing Director dfw Creative Charina Widjaja digagas pada tahun 2012 dan dimulai di negara Singapura disusul dengan Bangkok. Di Indonesia sendiri Digital Fashion Week bakal digelar pertama kali tahun 2016. Nantinya perancang busana baru yang memiliki potensi besar untuk berkembang bisa mengikuti pagelar busana secara LIVE di YouTube dalam rangkaian acara Digital Fashion Week.

“Kami membuka kesempatan untuk para desainer, pemilik bisnis dan merek fashion serta lifestyle Indonesia yang ingin ekspansi ke pasar internasional untuk berkolaborasi dengan dfw Creative,” kata Charina.

Selama ini dfw Creative sebagai agensi pemasaran terkemuka yang menangani klien-klien di industry fashion, kecantikan, perjalanan dan gaya hidup telah berpengalaman membantu para perancang busana  serta pemilik merek fashion dan lifestyle untuk melakukan penetrasi bisnis di Asia.

Mengandalkan koneksi internet hadirkan tayangan live streaming

Untuk melancarkan ide bisnisnya Charina Widjaya melakukan pendekatan dengan Google agar bisa memanfaatkan YouTube sebagai media yang nantinya bisa menampilkan tayangan streaming yang seamless kepada para audience. Melalui platform digital karya-karya yang dihadirkan oleh para desainer lokal bisa dinikmati langsung.

Fitur tambahan yang disediakan oleh Digital Fashion Week adalah jika mengakses langsung melalui situs dwf bisa melihat langsung suasana back stage, interview dengan perancang busana, red carpet, rehearsal semua acara yang ada didalam rangkaian kegiatan Digital Fashion Week.

“Berbagai aplikasi dan platform social media juga digunakan untuk memaksimalkan engagement para tamu yang hadir dan mereka yang menyaksikan secara online,” kata Charina.

Digital Fashion Week telah mendukung lebih dari 50 perancang lokal, mengadirkan tamu VIP dari industry fashion global seperti Naomi Campbell, Patricia Field, Cristiano Burani dan masih banyak lagi. DWF juga memilih puluhan online influencer dari seluruh dunia tiap tahunnya untuk hadir sebagai pengamat layaknya fashionista dan Editor-In-Chief media terkemuka yang kerap mendapatkan akses eksklusif hingga ke belakang dan atas panggung Digital Fashion Week. Pada tahun ini DWF kembali mengundang fashion blogger terkenal di Indonesia, yaitu Olivia Lazuardy dan Diana Rikasari.

Bermitra dengan perusahaan e-commerce

Di situs Digital Fashion Week disediakan fitur click and purchase yang menampilkan beberapa koleksi pakaian dari pagelaran desainer yang bisa langsung dibeli, namun demikian tidak semua pakaian off the runway yang ditampilkan bisa dibeli langsung.

“Dulunya kami menyediakan fitur pre-order bagi peminat yang ingin langsung membeli pakaian off the runway usai pagelaran berlangsung namun belajar dari pengalaman saat ini sangatlah sulit melakukan proses B2C, mengatasi kendala tersebut akhirnya saat ini kami meminta sebelumnya kepada para desainer menyiapkan produk pakaian off the runway yang bisa dijual kepada peminat," kata Charina.

DFW berkolaborasi dengan beberapa perusahaan e-commerce yang akan menangani pemesanan hingga pengiriman barang, namun demikian jumlah pemesanan pakaian off the runway yang bisa dibeli langsung dibatasi jumlahnya.

Pagelaran Digital Fashion Week tahun 2015 akan digelar di Singapura pada tanggal 29 dan 1 Oktober dilanjutkan di Thailand pada tanggal 5 dan 8 November.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter