Categories

Mobile

Dijatah Update, Dropbox Versi iOS Kini Bisa Memindai Dokumen

Tak hanya platform mobile, Dropbox untuk desktop juga memperoleh fitur baru

Bambang Winarso - 23 June 2016

Aplikasi penyimpanan berbasis awan, Dropbox kembali merilis sejumlah pembaruan untuk pengguna mobile dan desktop. Menghadirkan sederet tool baru pendukung produktivitas dan fitur tambahan untuk layanan utamanya.

Salah satu penambahan paling signifikan adalah kemampun memindai dokumen menggunakan kamera smartphone kemudian mendapatkan salinan digital yang dapat disimpan di Dropbox. Tim pengembang Dropbox bahkan menanamkan dukungan optical character recognition (OCR) untuk pengguna premium Dropbox Business. Artinya, tak hanya sekadar memindai, aplikasi juga dapat mengubah hasil pindaian menjadi format teks yang dapat dengan mudah dicari saat diperlukan.

https://youtu.be/-_xXSQuBh14

Di versi terbarunya, Dropbox juga menambahkan sebuah tombol “plus” yang dapat dipergunakan untuk membuat dokumen baru di aplikasi Microsoft Word, Excel atau Powerpoint. Setelah dokumen dibuat, ia dapat disimpan kembali ke Dropbox.

Sayangnya kini bagi pengguna level Basic, diwajibkan untuk memasang aplikasi Dropbox di komputer untuk dapat terus menggunakan fitur upload dari kamera smartphone. Jika tidak, pengguna disuguhi opsi lain untuk upgrade ke versi pro.

Dalam rilis resminya Dropbox mengatakan bahwa pengguna yang menggunakan fitur kamera upload cenderung lebih cepat kehabisan ruang simpan yang dapat mengakibatkan terhentinya layanan. Dengan memasang aplikasi desktop, mereka dapat menyalin foto dari Dropbox untuk melegakan kembali ruang simpan.

Sementara itu untuk platform Mac dan Windows, kini Dropbox memberikan kemudahan kepada pengguna yang ingin berbagi menggunakan Finder dan Windows Explorer.

Di samping sejumlah fitur dan tool baru, Dropbox juga memberlakukan prosedur baru untuk pengguna yang bekerja dalam tim. Kini, aplikasi tidak hanya akan memberikan opsi tautan untuk dibagikan ke kolega. Melainkan dengan menambahkan fitur undangan yang digunakan untuk memberi akses ke pengguna tertentu yang diharuskan untuk login ke akun terlebih dahulu. Opsi lainnya, pengguna kini juga dapat mengatur agar folder publik hanya “dapat dilihat”, tapi tidak untuk diunduh atau dimodifikasi.

Fitur berbagi baru di Dropbox dibuat lebih aman

Fitur-fitur terbaru untuk mobile di atas untuk saat ini baru digulirkan untuk perangkat iOS. Dropbox berjanji akan segera menghadirkan fitur yang sama untuk perangkat Android dalam waktu dekat.

Sumber berita Dropbox.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter