18 July 2016

by Yoga Wisesa

Diklaim Sebagai Kamera 360 Terkecil di Dunia, Nico360 Simpan Sensor 32-Megapixel

Sensor 32-Mp sebetulnya terdiri dari sepasang sensor 16-megapixel garapan Sony.

Terlepas dari dominasi GoPro, upaya berbagai produsen menciptakan alternatif kamera action yang diinginkan konsumen terus berlangsung hingga kini: Polaroid Cube hadir sebagai opsi entry-level, sedangkan Nikon sendiri tak mau tanggung-tanggung, menyiapkan KeyMission 360 untuk kreasi konten VR. Buat satu developer asal Hong Kong, ukuran mungil adalah sasaran mereka.

Melalui situs crowdfunding Indie Gogo, tim pimpinan Jim Huang dan Serneg He memperkenalkan buah dari gagasan mereka: Nico360. Meski diramu sebagai action cam 360 derajat bertubuh kecil, pengembang tidak lupa memanfaatkan komposisi hardware canggih. Aspek paling menonjol dari Nico360 terletak pada spesifasi tinggi di dalam, diwakilkan oleh ukuran sensor sebesar 32-megapixel.

Nico360 memiliki penampilan ala balok, berukuran 46x46x28-milimeter dan dengan berat cuma 96 gram. Desainnya sengaja dibuat sederhana: dua modul lensa diposisikan di area ujung, dan hanya memiliki satu tombol fisik: untuk power, menjepret gambar, sampai merekam video. Tubuh kamera action ini memanfaatkan bahan anti-air, lalu lensanya juga diproteksi lapisan anti-baret.

Sensor 32-Mp Nico360 sebetulnya terdiri atas sepasang sensor 16-megapixel garapan Sony. Selain menjepret gambar still 25-Mp (termasuk di mode burst), device sengaja diracik buat merekam video 360 derajat beresolusi WQHD 2.560x1.440p di 30 frame rate per detik. Masing-masing lensa di kedua sisi Nico 360 mempunyai field of view 195 derajat, dan FoV keseluruhannya diklaim mencapai 360 derajat.

Hasil rekaman bisa disimpan dalam storage internal berkapasitas 32GB, atau di-stream langsung ke web lewat onlineplayer atau ke headsetvirtualreality. Via app companion, Nico360 kompatibel ke perangkat ber-platform iOS, Android maupun Windows.

Nico360 didukung oleh sistem electronic image stabilization (EIS); mampu merekam live data berupa percepatan, rotasi dan G-force; serta menggunakan smartphone Anda untuk live preview. Perangkat dibekali konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi sampai jarak sembilan meter, dengan kualitas rekam suara AAC 48KHz 128Kbit/s plus fitur Automatic Gain Control opsional.

Kemampuan anti-air Nico 360 bukan sekedar splash-proof (developer belum menginformasikan detail sertifikasinya), dan untuk membuatnya lebih bersahabat bagi pecinta kegiatan outdoor, Anda dapat memanfaatkan berbagai macam jenis mount dan aksesori: monopod (tongkat selfie), mounttripod fleksibel, strap pergelangan tangan, mount setang sepeda, sampai head strap.

Nico360 sudah bisa Anda pesan di Indie Gogo. Versi Super Early Bird-nya dijajakan seharga hanya US$ 100, dan rencananya akan mulai didistribusi ke semua backer di seluruh dunia pada bulan Oktober 2016.