1. Startup

Dilema Membisniskan Data

Dengan model bisnis yang baik, data bisa mendatangkan pendapatan

Data sekarang ini bisa menjadi salah satu unsur penting dalam bisnis dan merupakan bagian dari masa depan. Jika ada perusahaan yang mengungkapkan tidak akan berinvestasi pada analisis data maka bisa dikatakan mereka tidak ingin menyambut masa depan. Peran data ini tidak bisa terelakkan, bahkan selain memberikan manfaat untuk perbaikan layanan sendiri data bisa menjadi salah satu corong bisnis yang cukup menggiurkan, terutama untuk dunia periklanan.

Banyak cara untuk mendapatkan data dalam jumlah cukup besar, salah satunya dengan menggratiskan layanan. Pengguna mengganti biaya berlangganan layanan tersebut dengan data yang mereka miliki. Tentu dengan syarat dan perjanjian yang telah disepakati, selanjutnya data ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.

Yang lazim didengar mungkin adalah menjual data ke pihak lain. Sebelumnya yang perlu diingat dan digarisbawahi adalah keharusan penyedia layanan untuk memberikan perjanjian atau keterbukaan kepada pengguna di awal bahwa data pengguna akan dimanfaatkan oleh penyedia layanan.

Dalam model bisnis menjual data ini ada beberapa jenis data yang sering dijual misalnya cookie, jejak di web dan lain sebagainya. Sederhananya model bisnis ini hanya menjual data.

Selain menawarkan data untuk langsung dijual, data juga bisa dijadikan bisnis setelah dibuat analisisnya. Misalnya untuk sistem rekomendasi produk atau jasa sesuai dengan yang diminati pengguna. Hal ini bisa meningkatkan efektivitas untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa tersebut. Masih banyak model bisnis lain yang bisa digunakan untuk mendatangkan pendapatan dari data.

Satu yang pasti, untuk mengoptimalkan data perusahaan harus berinvestasi di ranah analisis data. Sebab untuk mengoptimalkan penggunaan data dibutuhkan orang-orang expert di bidang analisis atau alat yang bisa mengolah data untuk menjadi wawasan yang bermanfaat.

Di satu sisi, permasalahan membisniskan data ini juga pasti akan berbenturan dengan isu privasi pengguna. Selama perjanjian penggunaan data sudah dijelaskan di awal dengan jelas dan terbuka, hal ini menjadi tanggung jawab pengguna untuk lebih peduli.

Dari sisi perusahaan, data menjadi salah satu corong bisnis yang menjanjikan. Selain bisa sebagai bahan bakar perbaikan dan peningkatan kualitas layanan yang dimiliki data juga bisa menghasilkan pendatapatan sendiri jika dikelola dengan baik.

Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk penulisan artikel ini

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again