Dilengkapi 8 Kamera, Vuze Siap Rekam Video 360 Derajat dalam Resolusi 4K

Dibundel bersama kombinasi tripod dan tongsis, software editing, serta VR headset

Kalau Anda merasa VR headset seperti Oculus Rift dan HTC Vive itu mahal, ketahuilah bahwa harga kamera VR bisa jauh lebih mahal lagi, apalagi kalau kita berbicara tentang kamera VR yang ditujukan buat kaum profesional seperti Nokia Ozo dan Lytro Immerge.

Untuk konsumen secara luas, di pasaran memang sudah ada sejumlah kamera VR atau kamera 360 derajat yang berharga terjangkau. Pun demikian, mayoritas memang belum bisa menyajikan kualitas gambar yang berkesan mengingat seringkali hanya ada sepasang sensor yang digunakan.

Ada harga ada rupa, namun apakah itu berarti opsi kita terbatas pada kamera VR dengan harga selangit saja? Tidak, karena ada alternatif lain bernama Vuze. Malahan, selain video 360 derajat, kamera ini juga sanggup menghasilkan efek tiga dimensi yang menarik.

Vuze datang bersama sebuah tripod yang juga bisa difungsikan sebagai tongsis / HumanEyes

Vuze dikembangkan oleh perusahaan asal Israel, HumanEyes. Wujudnya pipih, ringkas sekaligus minimalis, dengan dimensi 12 x 12 x 3 cm. Sepintas, ia tampak seperti icon aplikasi jika dilihat dari atas. Di tiap-tiap sisinya bernaung sepasang kamera, masing-masing dengan resolusi full-HD. Jadi ketika delapan kamera tersebut digabungkan, terciptalah video VR beresolusi 4K.

Permukaan atasnya hanya dihuni oleh dua tombol, yaitu tombol On/Off dan tombol Record, sehingga pengoperasiannya tidak jauh lebih sulit dari kamera saku. Selagi merekam, pengguna bisa melihat preview-nya lewat aplikasi smartphone.

Vuze datang bersama sebuah tripod unik yang juga dapat difungsikan sebagai tongsis. Pihak pengembangnya juga tidak lupa menyertakan software Vuze Studio yang bertugas untuk menyelesaikan proses stitching video menjadi sebuah video VR 3D yang menarik dan siap ditonton menggunakan VR headset apapun.

Pre-order Vuze saat ini telah dibuka di angka $799, sudah mencakup tripod dan software yang telah disebutkan tadi, plus sebuah VR headset untuk digunakan bersama smartphone pengguna.

Sumber: PR Newswire.