23 September 2016

by Bambang Winarso

Diperbarui, Facebook Messenger Bisa Bikin Jajak Pendapat

Selain fitur Poll, Messenger juga mendapatkan fitur Payment yang lebih matang dengan teknologi machine learning

Facebook Messenger kembali memperoleh pembaruan menarik, kali ini ada dua fitur utama yang sudah dapat dicicipi oleh pengguna di kawasan Amerika Serikat. Dan jika tahap pertama ini berjalan lancar, bukan tak mungkin akan diperluas ke negara lain.

Fitur mayor pertama adalah poling, yang memungkinkan pengguna membuat pertanyaan jajak pendapat terkait isu tertentu kemudian mengirimkannya ke percakapan grup. Sebagaimana halnya fitur poling, anggota grup chat kemudian dapat memberikan respon dengan memilih satu dari beberapa pilihan yang disediakan.

Pengguna yang sudah memperoleh fitur ini bakal mendapatkan pemberitahuan untuk membuat jajak pendapat di mana sebuah tombol telah disiapkan di panel Messenger. Dengan fitur ini pengguna dapat membuat pertanyaan bersama beberapa pilihan jawaban berbeda.

Selain jajak pendapat, Facebook Messenger juga diperkaya fitur Payments yang uniknya menggunakan teknologi machine learning. Teknologi ini menjadikan Messenger lebih pintar, di mana ia mampu memindai teks yang diketik oleh Anda dan teman anda dan menampilkan tombol pembayaran ketika mendapatkan indikasi percakapan soal uang. Misalnya, ketika salah satu pengguna yang sedang mengobrol mengetikkan pesan “kirimin uang Rp 100.000 untuk makan malam”, maka Messenger akan menampilkan sebuah tombol pembayaran dengan nominal yang disebutkan tepat di bawah pesan.

Teman yang menerima pesan tersebut kemudian dapat memutuskan untuk mengirim uang dari kartu debit.

Fitur pengiriman uang antar teman sebenarnya bukan hal baru di Messenger. Facebook pertama kali meluncurkan fitur ini pada bulan Maret tahun 2015 lalu. Hanya saja kini mereka meningkatkan cakupan ke chatbots yang lebih pintar.

Meskipun belum tersedia untuk semua pengguna, tak ada salahnya meng-update Messenger di perangkat Anda sekarang. Untuk jaga-jaga, karena sewaktu-waktu bisa saja Facebook memperluas jangkauan kedua fitur barunya ini lebih cepat.

Sumber berita Facebook.