Diperkaya Fitur Enkripsi, WhatsApp Kini Jauh Lebih Aman

Diperkaya Fitur Enkripsi, WhatsApp Kini Jauh Lebih Aman

WhatsApp menerapkan fitur enkripsi end-to-end secara default untuk semua jenis konten
Diperkaya Fitur Enkripsi, WhatsApp Kini Jauh Lebih Aman
Diperkaya Fitur Enkripsi, WhatsApp Kini Jauh Lebih Aman

Aplikasi pesan instan kepunyaan Facebook, WhatsApp baru saja mengumumkan bahwa aplikasinya kini secara default menerapkan prosedur enkripsi end-to-end. Artinya, semua konten baik pesan teks, gambar, suara, group chat maupun video yang dikirimkan oleh pengguna akan terlindungi secara optimal.

Untuk memperoleh fitur enkripsi ini pengguna cukup melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp di perangkatnya ke versi terbaru.

Menurut keterangan tertulis yang dipublikasikan oleh tim pengembang WhatsApp, bahwa sekarang tak ada satu orang pun yang bisa melihat isi dalaman pesan pengguna. Tidak bagi para penjahat internet, tidak para peretas, tidak pula rezim otoriter, bahkan WhatsApp sendiri.

Fitur enkripsi end-to-end belakang memang menjadi fitur yang banyak digunakan oleh pengembang aplikasi pesan. Beberapa aplikasi yang juga sudah mengadopsi fitur ini antara lain MegaChat, StealthChat, Signal, Telegram dan iMessage buatan Apple khusus iOS.

Bagi WhatsApp ini adalah progres positif atas upaya mereka menghadirkan fitur enkripsi dalam beberapa bulan terakhir. Pembaruan penting dari sekian banyak inovasi yang tampaknya tak lama lagi juga bakal digulirkan. Seperti dikabarkan sebelumnya, WhatsApp sudah secara resmi menghadirkan fitur berbagi dokumen, kemudian di momen yang tak terpaut lama, versi betanya diperkaya dengan fitur fomat cetak tebal dan miring, serta fitur trimmer video yang juga baru diuji cobakan di perangkat Windows Phone.

Berkaca pada deretan fitur tersebut, tampaknya WhatsApp sudah menyusun persiapan matang guna bersaing dengan Telegram yang sedang naik daun belakangan ini.

Sumber berita WhatsApp.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…