22 September 2016

by Bambang Winarso

Diperkaya Teknologi NLP, Google Drive Kini Makin Cerdas

Dengan NLP, Drive memahami pencarian yang menggunakan kalimat percakapan atau salah ketik

Tahukah Anda apa yang membuat situs pencarian Google begitu pintar dalam menyuguhkan hasil pencarian? Bahkan ketika Anda mengetikkan kalimat yang salah, atau menggunakan frase percakapan sehari-hari, Google Search tetap mampu menyajikan hasil pencarian yang akurat. Adalah teknologi natural language procesing (NLP) yang selama ini berada di balik kepintaran Google Search dalam memberikan apa yang Anda ingin temukan.

Berita baiknya, Google kini membenamkan teknologi yang sama ke aplikasi penyimpanan cloud dan berbagi berkas, Google Drive. Menghadirkan sejumlah kemampuan baru yang difokuskan pada sektor pencarian.

Peningkatan yang pertama, kini walaupun pengguna salah mengetikkan kata saat mencoba menemukan berkas melalui kotak pencarian, aplikasi tetap akan menawarkan saran dalam susunan kata yang tepat.

Selain itu, berkat NLP, ketika pengguna mengetikkan perintah pencarian seolah sedang berbicara, atau kalimat yang bahkan tidak mengandung kata di dalam berkas, Drive juga akan memahaminya dengan baik dengan menyertakan hasil pencarian. Kemampuan ini diklaim oleh Google akan terus berkembang dan semakin cerdas seiring meningkatnya frekuensi penggunaan.

Di samping membenamkan natural language processing (NPL), Google juga menghadirkan fitur baru bagi Drive.

Pertama, fitur Columns (kolom) yang memungkinkan pengguna memecah dokumen menjadi beberapa kolom. Alat bantu baru ini akan disisipkan di menu Format.

Kedua, Google Drive akan secara otomatis membuat salinan ketika pengguna membuka, mengonversi atau memodifikasi dokumen non-Google di salah satu aplikasi (Docs, Sheets dan Slides).

Pembaruan ini dipastikan bakal langsung digulirkan secara global mulai hari Selasa (20/9/2016) lalu.

Sumber berita Googleforwork.