20 April 2015

by Bambang Winarso

Diprotes Keras Oleh Snapchat, Aplikasi 6Discover Terancam "Punah"

Meskipun sekarang ini ada begitu banyak aplikasi pesan, namun popularitas Snapchat tidak bisa diperdebatkan lagi. Bahkan tak lama setelah dirilis, startup kreatif ini telah bernilai puluhan milyar Dollar Amerika. Snapchat terus mengembangkan aplikasinya, yang pada akhirnya memicu penghapusan aplikasi pihak ketiga untuk Windows Phone.

Snapchat hanya membuat aplikasi untuk Android dan iOS, mengakibatkan pengguna Windows Phone hanya bisa gigit jari. Sampai kemudian hadir 6Discover, aplikasi pihak ketiga yang menawarkan konten-konten dari Discover, salah satu layanan baru yang ditawarkan oleh Snapchat.

6Discover sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Rudy Hyun, salah satu pengembang aplikasi-aplikasi Windows phone yang terbilang aktif dan juga merupakan orang penting di balik kepopuleran aplikasi Vine client, 6sec dan aplikasi pihak ketiga Instagram, 6tag.

Info Menarik:Star Wars: Battlefront Akan Hidupkan Impian ‘Perang Bintang’ Anda

Sebagaimana dua aplikasi buatannya, 6discover merupakan aplikasi pihak ketiga yang memberikan konten ala Discover milik Snapchat ke Windows Phone, memberikan akses konten CNN, National Geographic, Yahoo, Comedy Central dan lain-lain ke platform terpopuper ketiga tersebut layaknya pengguna iPhone dan Android.

Meski terbilang baru, namun 6discover banjir pujian dari pengguna yang telah merasakan kemudahan yang diberikan. Akan tetapi, tampaknya Snapchat tidak senang dengan hal itu dan mengirim surat secara langsung kepada Hyun.

Di dalamnya Snapchat menyampaikan keberatannya atas kehadiran 6Discover yang dianggap melanggar hak cipta mereka. Snapchat mengklaim aplikasi Hyun telah menggunakan brand “Discover” dan mendistribusikan konten mereka tanpa izin tertulis.

Dengan reaksi keras yang ditunjukkan oleh Snapchat, besar kemungkinan aplikasi 6Discover kembangan Rudy Hyun tidak akan berumur panjang.

Sumber berita WMpoweruser.