30 April 2021

by Lukman Azis

Dirancang Untuk WFA, 6 Laptop Bisnis Lenovo ThinkBook Gen 2 Resmi Hadir di Indonesia

Laptop bisnis modern baru ThinkBook Gen 2 dari Lenovo dirancang untuk bekerja dari mana saja alias work from anywhere

Lenovo telah meluncurkan enam laptop ThinkBook terbarunya di Indonesia, meliputi ThinkBook 13s dan 14s Gen 2, ThinkBook 14 dan 15 Gen 2 yang tersedia dalam versi Intel dan AMD, serta ThinkBook 14s Yoga Gen 2 dan ThinkBook 15p Gen 2. Keenam laptop bisnis ini dirancang untuk membantu profesional modern mengakomodir WFH dan WFA (work from anywhere).

Sebuah survei terhadap pemilik usaha kecil dan menengah oleh Intermedia dan Sapio Research menunjukkan bahwa lebih dari separuh SMB (Small Medium Business), dari 250 SMB yang diamati, cenderung mempertahankan opsi kerja jarak jauh dalam jangka panjang. Lenovo juga baru-baru ini melakukan survei global berjudul Future of Work and Transformation di beberapa market termasuk Indonesia yang menunjukkan 70% pekerja merasa lebih puas bekerja dari rumah dan 56% persen merasa lebih produktif.

Bahkan ketika nantinya pandemi ini berakhir, sebagian besar pekerja tetap menginginkan model kerja hybrid. Dengan demikian, pekerja akan membutuhkan perangkat yang dapat menunjang kolaborasi secara virtual dan memaksimalkan pekerjaan mereka sehari-hari.

Para modern profesional adalah pekerja yang tech-savvy dan mereka ingin menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan lebih efektif. Untuk itu, pelaku usaha perlu mendukung karyawannya saat masa transisi ini dengan teknologi dan fitur yang lebih cerdas untuk membantu bisnis terus tumbuh. ThinkBook menghadirkan kombinasi antara performa dan gaya yang stylish, kolaborasi yang efektif, keamanan, dan inovasi fitur yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan pekerja modern agar dapat memaksimalkan kerja remote mereka tanpa hambatan,” ujar Willy Setiawan, SMB Lead, Lenovo Indonesia.

Beberapa fitur khusus yang dirancang untuk WFH dan WFA pada ThinkBook Gen 2 meliputi AI-based noise cancellation, fitur ini membantu memperlancar komunikasi saat meeting atau melakukan video conferencing dan mampu meredam noise di sekitar. Lalu, ada Automatic Booting yang memungkinkan booting otomatis saat lid laptop dibuka tanpa perlu menekan tombol power untuk terhubung lebih cepat.

Mode eye-care dan blue light yang dapat diatur oleh pengguna sehingga mata tidak mudah lelah walau bekerja seharian di depan layar. Service Hot Keys, tombol untuk terhubung langsung dengan website services Lenovo sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat status warranty, software, dan diagnosa troubleshooting.

ThinkShutter yang dihadirkan untuk keamanan dan privasi pada saat menggunakan webcam. Serta, beberapa fitur lainnya seperti Smart Power On dengan Fingerprint Reader, modern standby, dan dilengkapi dengan speaker Harman.

ThinkBook 13s dan 14s Gen 2 i:

ThinkBook 13s dan 14s Gen 2 merupakan produk slim series dari lini terbaru ThinkBook yang sudah ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-11 Tiger Lake. Dengan berat mulai dari 1,26 kg dan ketebalan mulai dari 1,49 cm, membuat laptop ini cocok bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan suka berpindah tempat dari tempat satu ke tempat lainnya.

Bodi yang ramping dapat tercapai berkat rasio screen-to-body yang tinggi hingga 90% dengan bezel tipis. Khusus ThinkBook 13s, layar 13,3 incinya ditopang resolusi tinggi hingga 2,5K dengan aspek rasio 16:10 yang lebih lega dalam menampilkan konten vertikal. Material alumunium membuat perangkat ini memiliki tampak yang elegan dan solid.

ThinkBook 14 dan 15 Gen 2 Intel dan AMD:

Perangkat ini dirancang untuk memaksimalkan produktivitas para modern profesional pada saat remote working dan hadir dengan dukungan RAM hingga 40GB sehingga pengguna dapat menjalankan banyak aplikasi alias multitasking. Keduanya mengusung desain narrow bezel dengan rasio screen-to-body sampai 85% untuk ThinkBook 14 dan 88% untuk ThinkBook 15.

ThinkBook 14 Gen 2 tersedia dalam versi prosesor Intel Core generasi ke-10 dan AMD Ryzen 4000 series. Sedangkan, ThinkBook 15 Gen 2 hadir dengan prosesor AMD saja yaitu Ryzen 5 4500U dan Ryzen 7 4700U.

ThinkBook 14s Yoga i:

ThinkBook 14s Yoga merupakan produk yang paling versatile di dalam lini ThinkBook Gen 2 dengan model Yoga 2-in-1. Laptop ini hadir dengan warna klasik ThinkBook yaitu Mineral Grey dan edisi terbatas warna Abyss Blue. Juga sudah ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-11 Tiger Lake.

Laptop convertible ini memiliki berat mulai dari 1,5kg dan ketebalan hanya 1,6cm. Layarnya sudah berlapis Corning Gorilla Glass yang tahan terhadap goresan. Lapisan dari layar juga bersifat anti smudge yang meminimalkan bekas sidik jari yang menempel pada layar. Menariknya, ThinkBook 14s Yoga menyediakan slot khusus di bodinya untuk menyimpan aksesori Smart Pen.

ThinkBook 14s Yoga hadir dalam empat mode penggunaan, mulai dari penggunaan laptop seperti biasa dengan layar sentuh, mode tablet, mode tent dengan layar dibalik hingga engsel menghadap ke atas yang membuat pengalaman menonton lebih ideal, dan mode present yang menempatkan sisi keyboard ke bagian bawah, cocok digunakan saat meeting atau melakukan webinar.

ThinkBook 15p Gen 2 i:

ThinkBook 15p Gen 2 dirancang dengan performa tinggi tetapi tetap hadir dengan desain yang elegan. Didukung oleh prosesor Intel generasi ke-10 H-series dengan jumlah inti prosesor hingga 8 core untuk beban kinerja ekstrem. Prosesor H-series ini memiliki clock speed hingga 5GHz yang menghadirkan kinerja sekaliber desktop.

Perangkat ini didukung dengan pilihan grafis hingga NVIDIA GEFORCE GTX 1650Ti, yang membuat laptop ini dapat mengedit animasi, video, atau foto secara optimal di beberapa aplikasi seperti Adobe Premiere Pro, Davinci Resolve, AutoCAD, Solidworks, dan lainnya. Layar 15,6 inci ThinkBook 15p ditopang resolusi UHD 3840x2160 piksel dan kecerahan layar 600 nit yang membantu content creator melihat layar dengan jelas bahkan saat berada di luar ruangan.

Lenovo Premier Support

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dan pekerja di masa remote working adalah kesulitan untuk mendapatkan layanan IT yang dibutuhkan, terlebih banyak pekerja yang bekerja dari luar kota. Adanya masalah dengan perangkat, membuat bisnis dapat kehilangan waktu produktif untuk bekerja.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Lenovo menghadirkan layanan Premier Support, layanan pelanggan yang paling premium dari Lenovo, membuat pengguna dapat langsung dilayani dengan technical expert secara cepat jika mengalami kendala. Layanan ini juga memiliki dedicated phone line 24/7, penggantian spare part keesokan harinya, dan tersedia di seluruh Indonesia yang memudahkan pekerja di masa ini.

Khusus pembelian ThinkBook 14s Yoga Gen 2 dengan Windows 10 Pro akan mendapatkan upgrade garansi Lenovo Premier Support dari 1 tahun menjadi 2 tahun. Serta, mendapatkan layanan Lenovo Accidental Damage Protection (ADP) selama satu tahun. Berikut informasi harga dan ketersediaannya.

Model Intel

  • ThinkBook 13s Gen 2 i akan tersedia pada bulan Juni dan harga dimulai dari Rp14.149.000
  • ThinkBook 14s Gen 2 i sudah tersedia mulai hari ini dan harga dimulai dari Rp13.999.000
  • ThinkBook 14s Yoga Gen 2 i sudah tersedia mulai hari ini dan harga dimulai dari Rp14.775.000
  • ThinkBook 14 Gen 2 i sudah tersedia mulai hari ini dan harga dimulai dari Rp9.100.000
  • ThinkBook 15p Gen 2 sudah tersedia mulai bulan Juni dan harga dimulai dari Rp19.400.000

Model AMD

  • ThinkBook 14 Gen 2 AMD sudah tersedia mulai hari ini dan harga dimulai dari Rp8.100.000
  • ThinkBook 15 Gen 2 AMD akan tersedia pada bulan Mei dan harga dimulai dari Rp8.500.000