20 February 2015

by Bambang Winarso

"Disa", Aplikasi SMS, Facebook Messenger dan WhatsApp Jadi Satu

Bukan sesuatu yang aneh bila di dalam satu unit smartphone terdapat berbagai layanan pesan mulai SMS, Facebook Messenger, WhatsApp, BBM, WeChat, LINE, Viber kemudian KakaoTalk. Bahkan dengan sedemikian banyak aplikasi yang sudah terpasang, terkadang pengguna masih menambahkan aplikasi email.

Tapi kita tidak bisa bohong bahwa menggunakan semua aplikasi-aplikasi tersebut dalam satu perangkat secara bersamaan adalah pekerjaan yang merepotkan, boros dan juga membebani perangkat. Untuk situasi tertentu ya, sangat membantu karena kita jadi punya banyak alternatif saat salah satunya ngadat. Tapi ketika harus membalas pesan di semua aplikasi, saya rasa itu bukanlah aktivitas yang menyenangkan.

Untungnya sekarang ada solusi mudah sobat! Ada sebuah aplikasi baru yang bernama β€œDisa”, yang fungsinya menyatukan beberapa aplikasi pesan bahkan termasuk kontak ke dalam platform yang sama. Alhasil Anda dapat memperoleh banyak manfaat.

Info Menarik:Awal Maret 2015, Lumia 435 Dual SIM dan Lumia 532 Dual SIM Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Manfaat yang pertama, Anda bisa membuka pesan SMS, Facebook Messenger dan WhatsApp dari satu aplikasi sehingga hemat tenaga dan waktu. Kedua, memori lebih lega karena Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi pesan yang tidak digunakan lagi. Ketiga, hemat baterai dan juga hemat data internet.

Saat ini Disa masih dalam tahap beta, baru tiga layanan pesan yang bisa dipersatukan yakni SMS, Facebook dan WhatsApp. Eits, jangan menghakimi dulu! Pengembang memastikan layanan pesan lain akan menyusul sembari proses pengembangan lebih lanjut. Disa juga dipastikan mendarat di platform iOS dalam waktu dekat.

Info Menarik:5 Smartphone Android Layar 5 Inci yang Dijual Rp 1 – 2 Juta-an

Selain menyatukan beberapa layanan pesan, Disa juga mampu menggabungkan percakapan dari layanan yang berbeda. Apabila misalnya pesan tersebut datang dari kontak yang sama. Sejumlah fitur tambahan juga disematkan, jadi bukan hanya bisa mengirim pesan teks, gambar dan video. Melalui Disa pengguna tetap dapat menggunakan fitur yang ada di aplikasi bawaan aslinya.

Sobat Trenogoers yang berminat bisa langsung mencoba aplikasi Disa di tautan ini atau melalui perangkat Android masing-masing.

Sumber berita PhoneArena.