Categories

Mobile

Discord Luncurkan Fitur Mobile Screen Sharing

Nonton YouTube atau TikTok bersama teman-teman kini dapat dilakukan dengan lebih mudah

Glenn Kaonang - 17 December 2020

Di tengah masa pandemi seperti sekarang, Discord mungkin bisa dibilang merupakan alternatif tempat nongkrong yang lebih ideal daripada Zoom, Google Meet, maupun layanan video conference lainnya. Alasannya, kalau menurut saya pribadi, terletak pada fitur voice channel milik Discord, yang memungkinkan semua orang (yang terhubung dalam server), untuk bergabung atau keluar kapan saja mereka mau.

Sesuai namanya, voice channel hanya bisa mewadah interaksi audio saja. Namun pengguna juga bisa melakukan screen sharing di saat dibutuhkan. Kabar baiknya, fitur screen sharing Discord ini sekarang juga bisa dilakukan via aplikasi mobile-nya. Sebelum ini, pengguna wajib mengakses Discord dari PC atau laptop untuk bisa melakukan screen sharing.

Saat fitur mobile screen sharing ini diaktifkan, seluruh tampilan layar smartphone akan direkam sekaligus disiarkan secara real-time ke semua pengguna yang berada di dalam voice channel yang sama. Maka dari itu, mungkin akan lebih bijak jika Anda mengaktifkan fitur Do Not Disturb terlebih dulu sebelum melakukan screen sharing demi mencegah munculnya notifikasi di tengah sesi screen sharing.

Jadi ketimbang membagikan tautan video YouTube ke teman-teman di satu grup WhatsApp, Anda tinggal menontonnya dan menyiarkannya di Discord, lalu teman-teman Anda bisa langsung bergabung dan ikut menonton bersama-sama. Pamer sesi chicken dinner di PUBG Mobile juga tentu bakal lebih mudah dilakukan berkat fitur mobile screen sharing ini.

Yang tidak bisa adalah menonton Netflix bersama, sebab aplikasi Netflix memang tidak memperkenankan fitur screen recording sama sekali. Fitur ini tak hanya berguna untuk keperluan hiburan saja; Anda bisa juga membuka aplikasi augmented reality, menempatkan sebuah furnitur virtual di satu ruangan, lalu menanyakan pendapat teman Anda yang sehari-harinya bekerja sebagai desainer interior.

Dalam satu kesempatan, sesi mobile screen sharing ini dapat ditonton oleh 50 orang sekaligus, dan Discord tidak membatasi berapa banyak orang yang dapat melakukan screen sharing di dalam satu channel yang sama. Fitur ini kabarnya sudah diuji selama beberapa bulan, dan Discord memastikan bahwa sesi screen sharing bisa berjalan di frame rate yang tinggi sekaligus latency yang minimal.

Fitur mobile screen sharing ini sedang diluncurkan secara bertahap ke aplikasi Discord di Android sekaligus iOS, akan tetapi dukungan versi tablet-nya baru akan menyusul ke depannya.

Sumber: TechCrunch dan Engadget.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter