Categories

Internet

Discord Sempurnakan Fitur Live Streaming-nya Seiring Virus Corona Kian Mewabah

Jumlah maksimal penonton per sesi live streaming dinaikkan lima kali lipat

Glenn Kaonang - 13 March 2020

Belum lama ini, Google memutuskan untuk menggratiskan fitur-fitur berbayar Hangouts Meet sebagai dampak dari melonjaknya pemakaian layanan video conference tersebut semenjak virus corona mulai mewabah. Namun ternyata Hangouts bukan satu-satunya layanan yang semakin banyak digunakan pasca penyebaran wabah ini.

Adalah Discord yang juga melihat peningkatan jumlah pengguna secara cukup drastis. Discord memang diciptakan sebagai platform komunikasi di komunitas gaming, tapi pada praktiknya banyak juga pihak yang memanfaatkannya di luar konteks gaming, tidak terkecuali institusi pendidikan, yang melangsungkan kegiatan belajar-mengajarnya via fitur live streaming Discord.

Fitur bernama Go Live ini sebenarnya cukup terbatas, karena jumlah penonton di tiap sesi tidak bisa lebih dari 10 orang. Namun sebagai bentuk kepedulian Discord, mereka telah menambahkan kuota maksimal penonton menjadi 50 orang per sesi. Discord belum memastikan sampai kapan perubahan ini bakal mereka terapkan.

Yang disiarkan tidak harus sesi gaming, tapi bisa juga sesi mengajar / Discord
Yang disiarkan tidak harus sesi gaming, tapi bisa juga sesi mengajar / Discord

Sebagai informasi, Go Live merupakan fitur yang dapat diakses secara cuma-cuma oleh semua pengguna Discord – versi premiumnya hanya membuka opsi live streaming dengan resolusi di atas 720p. Siapapun bisa memulai sesi live streaming di laptop atau PC, lalu sisanya bisa menonton di perangkat desktop maupun mobile. Selagi tergabung, penonton bisa saling berinteraksi secara lisan (audio only).

Discord tidak lupa mengingatkan agar pengguna bisa maklum seandainya ada kendala teknis di server mereka seiring meningkatnya pemakaian fitur Go Live. Jadi jangan heran seandainya sesi live streaming tiba-tiba macet selama beberapa bulan ke depan.

Sumber: Discord dan Polygon.

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter