Beberapa tahun yang lalu, Skype adalah satu-satunya opsi software yang tersedia jika pengguna ingin melakukan panggilan video. Sekarang hampir semua aplikasi chatting turut dilengkapi fitur video call, bahkan yang dikhususkan untuk komunitas gamer sekalipun.

Aplikasi yang saya maksud adalah Discord, yang belakangan memang menjadi pilihan banyak gamer karena menawarkan fitur voice chat yang benar-benar gratis sekaligus mudah digunakan. Sekarang, video call dan screen sharing pun juga menjadi bagian dari fitur unggulan Discord, setidaknya untuk sejumlah pengguna yang beruntung mengingat kedua fitur ini masih dalam tahap pengujian.

Sekitar lima persen dari pengguna Discord yang terdaftar bisa mencobanya mulai sekarang. Menariknya, mereka bisa melakukan panggilan ke siapa saja, bahkan kepada temannya yang belum kebagian jatah akses ke fitur ini. Selain satu lawan satu, video call dan screen sharing dalam Discord juga mendukung hingga 10 orang sekaligus.

Discord memutuskan untuk mengujinya terlebih dulu karena panggilan video memang mengonsumsi data jauh lebih besar ketimbang panggilan suara. Pengembangnya ingin memastikan kalau server mereka dapat mengatasi peningkatan bandwith yang masif ini, sekaligus memperbaiki sederet problem yang mungkin muncul, sebelum akhirnya mereka bisa percaya diri untuk merilisnya ke semua pengguna.

Pengembang Discord bilang kalau perilisan finalnya mungkin masih satu bulan lagi, atau bahkan bisa lebih. Terlepas dari itu, ini merupakan kabar baik bagi para gamer yang selama ini masih harus mengandalkan layanan seperti Skype atau Google Hangouts.

Sumber: PC Gamer dan Discord.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.