Categories

Berita

Diskusi Strategi Pemasaran Konten dalam “HangOut with FreakOut”

Pendekatan mobile dan memasukkan "emotional value" menjadi kunci kesuksesan konten dalam pemasaran

Randi Eka - 25 January 2017

Minggu lalu, tepatnya pada hari Rabu (18/1) FreakOut Dewina Indonesia berhasil menyelenggarakan pagelaran HangOut with FreakOut yang berlangsung di Cinemaxx FX Sudirman. Acara yang khusus diselenggarakan untuk para praktisi digital, content marketing brand dan agensi periklanan ini mengambil tema besar “How To Play with Content Marketing in Mobile Era”. Untuk mendiskusikan topik terkait, 4 orang narasumber dihadirkan, meliputi Zarona Izar (Kaskus Networks), Triari Senawirawan (DBS Bank), dan Nicky Sebastian & Tyas Dwi Pamungkas (Blibli.com).

Acara dibuka dengan memberikan gambaran umum mengenai content marketing dan perbedaan consumer content behavior untuk user experience di desktop dan mobile. Dalam pembukaan tersebut turut disampaikan bahwa 70% content share dari sebuah web page berasal dari perangkat mobile, bahkan 81% mengakses berita/informasi secara reguler, dengan kategori hiburan dan isu sosial menjadi kategori yang paling diminati.

Pemateri pertama Zarona Izar dalam pemaparannya menyampaikan tentang ekosistem konten di Kaskus yang terdiri dari User Generated Content, Staff Generated Content dan Partners Content. Traffic Kaskus sendiri sesuai dengan yang disampaikan Izar, 78% berasal dari Mobile Web dan Mobile Apps. Hal ini makin memantapkan statement bahwa mobile menjadi hal penting untuk diperhatikan di media.

Pembicara kedua adalah Triari Senawirawan dari DBS Bank Indonesia, menyampaikan apa saja yang dilakukan DBS Bank dalam content marketing. Beberapa contoh pendekatan pemasaran yang diberikan contohnya ada Video Sparks, sebuah mini seri buatan DBS Bank yang meng-engageaudiens untuk mendalami produk DBS dengan soft-selling. Konten-konten ini terbukti adalah konten yang mudah dibagikan orang karena inti ceritanya secara emosional mampu menciptakan relevansi dengan audiens.

Terakhir ada Nicky Sebastian dan Tyas Dwi Pamungkas dari Blibli yang menyampaikan tenang content marketing dalam perspektif industri e-commerce. Nicky Sebastian menceritakan mengapa Blibli Friends itu efektif untuk pemasaran Blibli dan bagaimana cara untuk menggiring audiens menjadi kostumer melalui konten yang diciptakan. Salah satu contoh yang dipaparkan adalah ketika Blibli Friends membuat konten untuk Hari Ibu dalam sebuah campaign #CumaMamaYangBisa yang lagi-lagi mengangkat insight unik dengan bungkus emotional value.


Disclosure: DailySocial adalah media partner HangOut with FreakOut

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter