24 July 2018

by Lukman Azis

Distribusi Android Bulan Juli 2018, Apa Kabar Oreo?

Untuk pertama kalinya Android Oreo mencapai market share lebih dari 10 persen

Tak seperti dulu, produsen smartphone memang cenderung lebih cepat dalam memberikan update Android ke versi terbaru. Smartphone anyar yang dirilis ke pasaran juga langsung menjalankan Android Oreo. Lalu, bagaimana kabar adopsi Android Oreo saat ini?

Google telah merilis data distribusi untuk sistem operasi Android yang dikumpulkan dalam jangka waktu tujuh hari yang berakhir tanggal 23 Juli 2018 kemarin. Hasilnya cukup menggembirakan, di mana market share gabungan Android 8.0 dan 8.1 Oreo telah naik mencapai 12,1 persen.

Versi sebelumnya yakni Android 7.0 dan 7.1 Nougat masih merupakan versi Android yang paling banyak digunakan saat ini dengan market share 30,8 persen. Ya, menurut saya di tahun 2018 pakai smartphone Android Lollilop harusnya masih baik-baik saja sih.

Sayangnya, masih banyak pengguna smartphone Android di dunia yang terjebak di versi Android lebih jadul. Misalnya Android 6.0 Marshmallow dengan 23,5 persen, diikuti Android 5.0 dan 5.1 Lollipop 20,4 persen, serta Android 4.4 KitKat 9,1 persen.

Selain itu, market share versi Android Gingerbread, Ice Cream Sandwich, serta Jelly Bean sudah turun drastis dan diharapkan akan benar-benar lenyap selamanya dalam laporan distribusi Android bulanan Google berikutnya.

Sumber: PhoneArena