4 February 2015

by Yoga Wisesa

Ditawarkan Sangat Murah, Raspberry Pi 2 Bisa Jalankan Windows 10

Berawal dari keinginan sebuah yayasan amal untuk mempromosikan pendidikan ilmu komputer dasar di sekolah, pelan-pelan Raspberry Pi memperoleh reputasi sebagai pencipta PC single-board mungil terpercaya. Produk pertama dipasarkan via lelang di eBay di awal 2012, dan kini mereka melepas varian paling anyar dikombinasi kompatibilitas platform modern.

Dikenalkan dengan nama Raspberry Pi 2, model terabaru itu tetap memegang tradisi para perancangnya. Bentuknya mungil, seukuran kartu debit yang tersimpan dalam dompet Anda. Raspberry Pi Foundation menjelaskan mereka bekerja keras demi memaksimalkan kemampuan CPU, software pendukung, serta menghabiskan banyak uang untuk mengoptimalkan bermacam-macam app dan library open-source.

Menyuguhkan dimensi 85,6x56,5 milimeter dan bobot 45 gram, Raspberry Pi 2 mempunyai selisih ukuran sedikit lebih besar dari model pendahulu. Tapi berbicara tenaga, tentu ia lebih perkasa. Tim mengaku tantangan terbesar terdapat pada bagaimana mendongkrak performa CPU dan memori, tanpa 'lari' dari gagasan awal developer. Kabar baik buat mereka, perusahaan semikonduktor Broadcom datang membantu.

Broadcom menyediakan system-on-chip baru BCM2836, menggantikan BCM2835. Seluruh fitur lama kembali hadir di chip tersebut, tapi perbedaan satu angka tampaknya mempunyai pengaruh besar. Kini Raspberry Pi 2 dipersenjatai prosesor quad-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 900MHz - diklaim memberikan performa enam kali lebih besar dalam benchmark multithreaded semisal Sysbench - dipadu sepasang memori RAM 1GB LPDDR2.

 

Info menarik: PC Quad-Core Sebesar Kartu Kredit Ini Cuma Dibanderol US$ 35

 

Raspberry Pi Foundation tak lupa menuturkan bahwa selama enam bulan ke belakang, mereka turut bekerja erat bersama Microsoft demi mengusung sistem operasi Windows 10 dalam Rasberry Pi 2. Belum ada info lebih spesifik soal penyajiannya (dijanjikan akan dijelaskan secara terperinci di waktu ke depan), yang jelas Windows 10 bisa dipakai gratis bagi sesama developer.

Sebelumnya, Raspberry menawarkan dua model, A dan B. A mengacu pada tipe entry-level. Namun cuma ada satu varian Pi 2, yaitu B. Tim meyakinkan, Raspberry Pi 1 versi B dan B+ juga masih dipasarkan selama ada permintaan. Menariknya, board lama maupun baru dijajakan di harga yang sama. Satu unit Raspberry Pi 2 cuma dibanderol US$ 35.

Rentang harga tersebut membuat pertarungan di mini PC dan kelas single-board semakin ketat. Kita tahu, Odroid-C1 juga memiliki harga serupa...

Sumber: RaspberryPi.org.