Categories

Gadget

Ditemani Phab 2 dan Phab 2 Plus, Smartphone Project Tango Pertama Resmi Diperkenalkan

Teknologi Tango menjadikan Phab 2 Pro memiliki kemampuan kamera yang futuristik

Bambang Winarso - 10 June 2016

Selain duo Moto Z, Lenovo juga menyingkap bukan dua, tapi tiga lagi perangkat smartphone baru dari balik dapurnya. Tiga smartphone tersebut punya nama yang asing lagi bagi banyak penggemar, mereka adalah Phab 2 dan Phab 2 Plus yang tak lain merupakan penerus dari Lenovo Phab, Phab Plus dan Phab 2 Pro yang merupakan smartphone project Tango pertama.

Lenovo Phab 2 dijual seharga $199

Masih mengusung konsep pendahulunya, Lenovo Phab 2 mempunyai layar super lebar 6,4 inci dengan sejumlah spesifikasi kejutan. Di antaranya ia mengemas RAM berkapasitas 2GB yang tentu cukup besar, sistem operasi Android 6.0 Marshmallow, kamera 13MP plus 5MP di depan, memori 32GB dan tambahan menggembirakan baterai 4.050 mAh. Hanya saja, Phab 2 punya resolusi layar 720p dan chipset MediaTek MTK 8735 empat inti yang tentu cukup mengecewakan.

Lenovo Phab 2 Plus punya prosesor dan RAM lebih powerful

Varian Plus mempunyai spek layar yang nyaris sama, masih seluas 6,4 inci tapi resolusi naik menjadi 1080p, dengan kepadatan piksel 342ppi berbanding 227ppi di Phab 2. Jeroan Phab 2 Plus terdiri dari chipset MediaTek MTK 8783, RAM 3GB dan memori internal 32GB. Kamera belakang masih tetap 13MP, tapi di depan ia punya konfigurasi lebih baik berupa kamera 8MP. Yang menarik, kamera di Phab 2 Plus sudah menggunakan prosesor gambar Futjitsu Milbeaut yang juga diadopsi oleh kamera besutan Leica. Tambahan ini tentu seharusnya membuat banyak orang jatuh hati.

Lenovo Phab 2 dan Phab 2 Plus boleh jadi merupakan jajaran baru yang menyilaukan mata, terutama karena keduanya hanya dibanderol $199 dan $299. Tapi Lenovo punya satu lagi varian yang jauh lebih menarik, yaitu Phab 2 Pro yang diklaim sebagai smartphone komersil pertama yang mengemas Project Tango, teknologi augmentedreality kembangan Google.

Varian Pro merupakan smartphone komersil pertama yang membawa teknologi Tango

Tampak luar, Phab 2 Pro punya penampang layar yang sama dengan duo Phab 2 lainnya, selebar 6,4 inci dan juga punya tampilan fisik yang serupa. Tapi, varian ini punya resolusi di level Quad HD dan ditenagai chipset Snapdragon 652 ketimbang MediaTek yang digunakan oleh duo Phab 2 lainnya.

Phab 2 Pro membawa sepasang kamera 16MP dan 8MP di depan. Selain itu, RAM yang dibawa juga yang paling lega dengan kapasitas 4GB dan memori internal juga paling lega, yakni 64GB. Selebihnya, Phab 2 Pro menwarkan fitur sensor sidik jari, baterai 4.000mAh dan fitur standar smartphone modern.

Teknologi kamera di Phab 2 Pro dirancang dengan perlakuan khusus

Faktor pembeda paling signifikan adalah sisipan teknologi Tango yang memberikan kemampuan kamera wide-angle, fitur motiontracking, fitur depthsensing dan pengalaman AR. Dikatakan bahwa teknologi Tango di Phab 2 Pro merupakan versi mini dari apa yang dihadirkan oleh pengembang beberapa tahun yang lalu, tapi secara luas mempunyai fungsi dan cara kerja yang sama. Dijadwalkan rilis pada bulan September, Phab 2 Pro dibanderol di kisaran $499.

Sumber berita Theverge, Slashgear, dan GSMArena.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter