Ditinggal MidOne, Ini Roster Baru Team Secret Menuju The International 2020

Team Secret tidak akan mengikuti Chengdu Major, dan baru akan bertanding lagi di Leipzig Major.

Selepas kejuaraan akbar The International 2019 (TI9), Valve langsung meluncurkan sirkuit kompetisi Dota 2 musim berikutnya, yaitu Dota Pro Circuit 2019 – 2020. Sirkuit ini dimulai pada musim gugur 2019, dan sejauh ini sudah ada empat turnamen yang diumumkan, terdiri dari 2 turnamen Minor dan 2 turnamen Major. Turnamen itu terdiri dari:

  • DOTA Summit 11 (Minor), 7 – 10 November 2019
  • MDL Chengdu Major (Major), 16 – 24 November 2019
  • WePlay! Bukovel Minor 2020 (Minor), 9 – 12 Januari 2019
  • DreamLeague Season 13 (Major), 18 – 16 Januari 2019

Bisa dilihat bahwa jadwal pertandingannya cukup padat, apalagi mengingat The International 2019 sendiri baru saja selesai di akhir bulan Agustus lalu. Tim-tim profesional Dota 2 hampir tidak punya waktu istirahat dan harus langsung menyiapkan diri menghadapi kualifikasi turnamen-turnamen di atas.

Bagi beberapa tim, jadwal yang terlalu padat ini dirasa bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental para pemainnya, sehingga mereka memutuskan untuk beristirahat sejenak sebelum masuk kembali ke Dota Pro Circuit dengan kondisi yang lebih segar. Sistem Dota Pro Circuit memang tidak mewajibkan tim untuk mengikuti semua kompetisi. Asal mereka bisa mengumpulkan cukup DPC Point dalam satu musim, mereka sudah bisa tampil di The International dan berkesempatan jadi juara dunia.

Apa yang dilakukan Team Secret selama beristirahat dan absen dari MDL Chengdu Major? Dalam blog resminya, mereka menjelaskan bahwa pergantian musim kompetisi ini digunakan Team Secret untuk melakukan perombakan roster. Sekadar mengingatkan, roster Team Secret saat menghadapi TI9 kemarin terdiri dari:

  • Nisha
  • MidOne
  • zai
  • YapzOr
  • Puppey
  • SunBhie (Coach)

Pemain pertama yang meninggalkan Team Secret adalah MidOne. Anda mungkin tahu bahwa MidOne alias Yeik Nai Zheng ini merupakan pemain asal Malaysia, padahal Team Secret merupakan tim berbasis di Eropa. Artinya MidOne harus pergi meninggalkan kampung halamannya untuk waktu yang lama. Selain tinggal di Eropa untuk boot camp, ia juga harus berkeliling dunia untuk mengikuti berbagai turnamen.

Sejak bergabung di tahun 2017, MidOne telah mengantarkan Team Secret menjadi juara Major tiga kali, dan meraih Top 4 di The International 2019. Ini belum ditambah turnamen-turnamen besar lainnya, seperti ESL One Hamburg 2018 dan DreamLeague Season 9. Setelah pergi dari Team Secret, MidOne akan beristirahat dari dunia esports untuk beberapa saat.

Puppey akan jadi pilar strategi Team Secret bersama Heen | Sumber:

" target="_blank">Team Secret

Pelatih Team Secret yaitu SunBhie (alias Lee Jeong-jae) juga akan pergi meninggalkan mereka. Sama seperti MidOne, SunBhie juga sudah bersama tim ini sejak tahun 2017, dan telah melewati sejumlah suka duka bersama. Keahlian SunBhie merancang strategi, melakukan drafting, serta menjadi penasihat telah berperan besar dalam mendukung prestasi Team Secret selama beberapa tahun terakhir. Team Secret tidak menjelaskan apa rencana SunBhie setelah kepergiannya.

Lalu siapakah yang menjadi pengganti mereka berdua? Ternyata, MidOne akan digantikan oleh pemain yang tak kalah disegani, yaitu MATUMBAMAN alias Lasse Aukusti Urpalainen. Pria Finlandia ini sebelumnya adalah pemain Mid/Carry di Team Liquid, dan sudah tak asing lagi di dunia esports Dota 2. Ia sudah pernah menyandang gelar juara dunia saat memenangkan The International 2017, juga kerap kali memenangkan turnamen Major.

MATUMBAMAN, penyandang gelar juara dunia | Sumber: Yle

Bertindak sebagai pelatih baru Team Secret, adalah Heen alias Lee Seung Gon. Dulunya merupakan salah satu pemain di tim MVP Phoenix, Heen menjadi pelatih Team Liquid sejak 2016 sebelum akhirnya pindah ke TNC Predator di pertengahan 2019 lalu. Roster Dota 2 Team Liquid sendiri sudah bubar sejak bulan September kemarin, sehingga wajar bila mantan pemainnya kini tersebar di tim-tim lain.

Masuknya MATUMBAMAN dan Heen ke dalam skuad Team Secret adalah tambahan kekuatan besar yang pastinya menarik bagi para penggemar tim ini. Namun itu juga bisa berarti Team Secret akan mengalami perubahan playstyle, serta harus beradaptasi lagi dengan cara bermain ataupun strategi dari pelatih barunya. Team Secret akan mulai berkompetisi lagi di kualifikasi DreamLeague Season 13 alias Leipzig Major. Kita lihat saja, apakah mereka bisa lebih sukses lagi dari musim sebelumnya.

Sumber: Team Secret