Dituding Mudah Bengkok, Samsung Rilis Video Tandingan Bend Test Duo Galaxy S6

Beberapa hari yang SquareTrade mengunggah video yang mempertontonkan sesi uji bengkok (bend test)Samsung Galaxy S6 Edge menggunakan mesin. Pengujian tersebut dilakukan untuk melihat seberapa besar tekanan yang sanggup diterima perangkat dibanding dengan iPhone 6 Plus dan HTC One M9.

Hasil pengujian SquareTrade menunjukkan Galaxy S6 Edge bengkok setelah mendapatkan tekanan yang sama dengan iPhone 6 Plus, tetapi layar perangkat lebih mudah pecah sehingga dapat melukai pengguna apabila terjadi saat sedang dikantongi.

Tak terima dengan tudingan tersebut, Samsung langsung membuat video tandingan yang menayangkan pengujian bengkok versi mereka. Hasilnya dirangkum dalam dua poin penting.

Sebagai permulaan Samsung menyoroti nilai tekanan yang digunakan oleh SquareTrade untuk menekuk Galaxy S6 Edge yang tidak umum terjadi dalam keadaan normal .

Raksasa Korea Selatan mengklaim bahwa dalam keadaan normal, jumlah tekanan yang diberikan saat perangkat berada di dalam kantong belakang adalah berkisar 66lbf (30kgf). Sedangkan tekanan yang diberikan oleh SquareTrade dalam bend testnya mencapai 110lbf (50kgf) yang diklaim sebagai level tekanan yang sangat tidak normal atau jarang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Info Menarik:Ubah iPhone 6 Anda Menjadi Game Boy dengan Hyperkin Smart Boy

Bahkan Samsung mengklaim Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge tidak bengkok kendati menerima tekanan sebesar 79lbf (32kgf) atau setara dengan mematahkan lima pensil sekaligus.

Kedua, Samsung menyoroti video SquareTrade yang hanya menayangkan pengujian di bagian depan perangkat, bukan di kedua sisi (depan dan belakang). Samsung berpendapat bahwa masing-masing smartphone mempunyai daya tahan yang berbeda di bagian depan dan belakang.

Pengujian yang dilakukan oleh SquareTrade diklaim tidak adil karena hanya menguji bagian depan perangkat tetapi tidak dengan bagian belakang, sehingga berpotensi menyesatkan konsumen terkait daya tahan keseluruhan perangkat.

Sebagai solusi yang adil, Samsung meminta SquareTrade melakukan tes ulang, namun kali ini dengan pengujian di bagian depan dan belakang. Lalu mempublikasikan hasil pengujian tersebut ke publik.

Ini video bend test versi SquareTrade

Sedangkan ini versi Samsung

Sumber berita SamsungTomorrow.