Categories

Gadget

DJI Air 2S Resmi Diperkenalkan, Langsung Tersedia di Indonesia

Kemampuan videografi dan fotografinya meningkat jauh jika dibandingkan pendahulunya

Glenn Kaonang - 16 April 2021

DJI sedang di atas angin. Sebulan setelah peluncuran DJI FPV, sekarang giliran penerus seri Mavic Air yang diperkenalkan. Meski tak lagi menggunakan branding "Mavic", drone bernama DJI Air 2S ini sebenarnya merupakan suksesor langsung dari DJI Mavic Air 2 yang dirilis tahun lalu.

Yang sangat menarik, rupanya tidak butuh waktu lama bagi drone ini untuk mendarat di tanah air. DJI melalui Erajaya Group selaku authorized distributor-nya di Indonesia baru saja memperkenalkan Air 2S secara resmi. Drone bertubuh ringkas ini dijual seharga Rp15.999.000 untuk paket Basic-nya, atau Rp20.999.000 untuk paket Combo-nya.

Dalam presentasinya, Robert Kurniawan selaku Head of Merchandising & Planning Erajaya memaparkan sejumlah keunggulan yang dibawa Air 2S jika dibandingkan dengan pendahulunya. Sepintas desainnya memang kelihatan mirip, akan tetapi sudah ada pembaruan signifikan yang diterapkan pada kameranya.

Yang paling utama, ukuran sensor kameranya telah membesar dua kali lipat menjadi 1 inci. Sebagai referensi, 1 inci adalah ukuran sensor yang sama seperti milik seri kamera Sony RX100, yang pastinya sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas gambarnya. Dijelaskan juga bahwa ukuran pixel individual sebesar 2,4 µm pada sensor kamera Air 2S memungkinkannya untuk menangkap lebih banyak cahaya, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan di kondisi low-light pun juga pasti lebih bagus daripada sebelumnya.

Kamera ini mampu merekam video dalam resolusi 5,4K 30 fps atau 4K 60 fps dengan bitrate setinggi 150 Mbps. Perekaman dalam profil D-Log (10-bit) juga didukung demi memudahkan color grading selama proses penyuntingan. Untuk foto, Air 2S siap menangkapnya dalam resolusi 20 megapixel. Lalu ketika menjepret dalam format RAW, DJI menjanjikan dynamic range sampai seluas 12,6 stop.

Sensor tersebut didampingi lensa f/2.8 dengan sudut pandang seluas 88°. Seperti biasa, modul kameranya menggantung pada gimbal 3-axis, akan tetapi sistem penstabil gambarnya juga kian disempurnakan lagi dengan bantuan sistem electronic image stabilization RockSteady (yang pertama kali diperkenalkan lewat action cam DJI Osmo Action).

Bundel pembelian DJI Air 2S versi Basic / DJI

Selain jauh lebih cekatan soal pengambilan video dan foto, DJI Air 2S juga menghadirkan sejumlah penyempurnaan pada sejumlah aspek lainnya. Pada aspek transmisi gambar misalnya, Air 2S menggunakan O3, iterasi ketiga teknologi OcuSync yang memungkinkan transmisi kontrol dan output video 1080p dari jarak sejauh 12 km.

Sistem autopilot yang tersematkan di Air 2S diklaim sebagai yang tercanggih dari semua drone DJI sejauh ini, sanggup mendeteksi rintangan dalam sudut pandang yang lebih luas daripada sebelumnya. DJI turut menanamkan sensor ekstra di sisi atas Air 2S yang berguna untuk membantu mendeteksi rintangan selagi drone melesat dalam kecepatan tinggi (yang otomatis menempatkan drone dalam posisi kepalanya agak menghadap ke bawah).

Lalu untuk semakin memudahkan pengguna dalam menciptakan konten berkualitas profesional, DJI turut menyertakan fitur bernama MasterShots, yang akan merencanakan rute penerbangan dan perekaman secara otomatis, lalu menyatukan hasil rekamannya menjadi satu video yang siap dikonsumsi publik. Dalam sekali pengisian, baterainya diyakini mampu bertahan sampai 31 menit waktu mengudara.

Bundel pembelian DJI Air 2S versi Combo / DJI

Seperti yang saya bilang di awal, DJI Air 2S saat ini sudah bisa dibeli secara resmi di Indonesia melalui jaringan toko offline maupun online Erajaya Group, termasuk halnya DJI Official Store di Tokopedia. Harga jualnya tadi tidak jauh berbeda dari harganya untuk pasar Amerika Serikat ($999 untuk paket Basic, $1.299 untuk paket Combo, naik cukup lumayan kalau dibandingkan harga Mavic Air 2 saat pertama dirilis).

Untuk paket Basic, konsumen bakal mendapatkan unit drone, remote control, satu modul baterai, tiga pasang baling-baling, dan semua kabel yang diperlukan. Paket Combo-nya di sisi lain mencakup dua modul baterai ekstra (total tiga modul), tiga pasang baling-baling tambahan (total enam pasang), ND filter, charging hub, dan sebuah tas selempang.

Erajaya Group juga menggelar program promosi cashback hingga 400 ribu rupiah untuk pembelian pada periode 15 - 25 April 2021, plus program cicilan 0% hingga 18 bulan menggunakan kartu kredit BCA atau Mandiri. Buat 100 pembeli pertama di tanggal 15 - 18 April, juga ada bonus kartu microSD SanDisk Extreme berkapasitas 128 GB.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter