13 July 2016

by Glenn Kaonang

DJI dan Hasselblad Umumkan Buah Kerja Sama Mereka Berupa Bundel Drone Profesional dan Kamera Medium Format

Diyakini merupakan perpaduan kualitas optik dan platform aerial photography terbaik saat ini

Apa kabar DJI dan Hasselblad? Menjelang akhir tahun lalu, DJI membeli sebagian saham Hasselblad, dan keduanya memutuskan untuk menjalin kerja sama di bidang teknis. Tentu saja semuanya langsung berspekulasi, dan yang paling gampang adalah angan-angan bahwa DJI akan membundel drone kelas profesionalnya dengan kamera medium format Hasselblad.

Bagi yang menginginkan peristiwa tersebut terjadi, saya ucapkan selamat. DJI baru-baru ini mengumumkan bundel produk baru berupa droneM600 dan kamera Hasselblad A5D. Yup, ini merupakan paket drone medium format perdana yang bisa dibeli oleh konsumen.

DJI M600 sendiri merupakan hexacopter yang secara khusus dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan videografer profesional di lapangan. Dipadukan dengan gimbal Ronin MX, drone tersebut sanggup menggotong muatan berbobot total 6 kg.

Hasselblad A5D mengemas sensor yang ukurannya dua kali lipat sensor full-frame, dengan resolusi 50 megapixel / Hasselblad

Di sisi lain, Hasselblad A5D merupakan kamera medium format yang didesain secara spesifik untuk keperluan aerial photography. Alhasil, ketika ketiga perangkat ini dipadukan menjadi satu paket, pengguna akan mendapatkan kualitas gambar terbaik dalam resolusi 50 megapixel yang bisa ditangkap dengan menggunakan sebuah drone.

Menurut CEO Hasselblad, Perry Oosting, kerja sama ini merupakan tahap pengembangan yang alami bagi mereka. Apa yang mereka lakukan sederhananya adalah memadukan kualitas optik terbaik untuk aerial photography dengan platformdrone paling canggih yang pernah DJI buat.

Sejauh ini DJI belum mengungkapkan banderol harga dari bundel M600 dengan A5D. M600 sendiri harus ditebus dengan biaya $4.600 – belum termasuk gimbal Ronin MX – sedangkan harga Hasselblad A5D bisa menembus angka $14.500.

Sumber: Digital Trends dan Hasselblad.