17 April 2017

by Glenn Kaonang

DJI Phantom 4 Advanced Gantikan Phantom 4 dengan Kamera dan Performa Lebih Superior

Kini dilengkapi sensor 1 inci 20 megapixel, mechanical shutter, serta mode penerbangan otomatis seperti yang ditawarkan Phantom 4 Pro

Sudah lewat setahun sejak DJI memperkenalkan Phantom 4, dan kini raja consumer drone tersebut sudah siap untuk merilis suksesornya. Memang bukan Phantom 5, tapi pembaruan yang dibawanya cukup signifikan hingga DJI memutuskan untuk memensiunkan Phantom 4 standar per 30 April mendatang.

Pembaruan yang paling utama terletak pada sektor kamera. Phantom 4 hanya mengemas sensor 1/2,3 inci beresolusi 12 megapixel, sedangkan Phantom 4 Advanced telah menggantinya dengan sensor 1 inci beresolusi 20 megapixel. Selain itu, Phantom 4 Advanced juga sudah dibekali dengan mechanical shutter, komponen yang absen pada Phantom 4 standar.

Phantom 4 Advanced dapat mengaktifkan lima mode penerbangan otomatis seperti yang ditawarkan Phantom 4 Pro / DJI

Meski Phantom 4 sudah bisa merekam video 4K, frame rate-nya cuma terbatas pada angka 30 fps saja. Phantom 4 Advanced rupanya juga lebih superior dalam hal ini, sanggup merekam video 4K 60 fps dengan codec H.264, atau 4K 30 fps dengan codec H.265 yang lebih efisien soal ukuran file – semuanya dalam bitrate sebesar 100 Mbps.

Bicara soal ukuran file, DJI juga sudah meningkatkan dukungan microSD pada Phantom 4 Advanced dari 64 GB menjadi 128 GB. Daya tahan baterainya juga naik sedikit dari 28 menit menjadi 30 menit.

Khusus varian Phantom 4 Advanced+, controller-nya dilengkapi layar 5,5 inci 1080p terintegrasi / DJI

Fitur unggulan lain Phantom 4 Advanced adalah sistem FlightAutonomy yang terdiri dari lima sensor ‘penglihatan’, obstacle avoidance system, ultrasonic rangefinder, serta GPS dan GLONASS. Sederhananya, Phantom 4 Advanced dapat mengaktifkan lima mode penerbangan otomatis (Draw, ActiveTrack, TapFly, Gesture dan Tripod), sama seperti yang ditawarkan Phantom 4 Pro.

DJI Phantom 4 Advanced bakal dipasarkan mulai tanggal 30 April dengan banderol $1.349 – lebih murah ketimbang Phantom 4 pertama kali diluncurkan. DJI juga akan menawarkan varian lain, yakni Phantom 4 Advanced+ seharga $1.649 yang datang bersama controller yang dilengkapi layar 5,5 inci 1080p terintegrasi.

Sumber: DJI.