2 April 2018

by Glenn Kaonang

DJI Zenmuse XT2 Adalah Kamera 4K Sekaligus Kamera Thermal untuk Drone Komersial

Kompatibel dengan drone seperti DJI Matrice 200 atau Matrice 600 Pro

Perkembangan drone untuk sektor komersial sering kali luput dari perhatian publik. Padahal, eksistensinya malah lebih lama ketimbang drone untuk konsumen secara umum. Terlepas dari itu, ranah ini masih cukup menarik dibahas demi menggambarkan potensi drone secara lebih komprehensif.

Ambil contoh produk terbaru DJI, yakni Zenmuse XT2. Ia merupakan sebuah kamera thermal untuk drone. Bukan sembarang drone, tapi yang memang didedikasikan untuk kalangan profesional seperti Matrice 200 dan Matrice 600 Pro. Dalam mengerjakan XT2, DJI bekerja sama langsung dengan FLIR, yang memang sudah sangat berpengalaman di bidang thermal imaging.

Secara teknis, XT2 amatlah menjanjikan. DJI telah membekalinya dengan sensor CMOS berukuran 1/1,7 inci yang mampu menjepret foto 12 megapixel atau merekam video 4K. Di sebelahnya, bernaung modul thermal dari FLIR yang bisa mengambil heat signature dalam resolusi 640 x 512 atau 336 x 256 pixel, dengan pilihan lensa 9 mm, 13 mm, 19 mm atau 25 mm.

Namun yang lebih menarik adalah dua fitur pintar yang telah DJI tanamkan: QuickTrack dan HeatTrack. Keduanya pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk berfokus mengendalikan drone selagi kameranya beroperasi secara otomatis, memfokuskan pandangannya ke tengah area yang sudah ditetapkan (QuickTrack), atau ke area dengan suhu paling panas (HeatTrack).

Di saat suatu objek terdeteksi mencapai suhu di atas batas kritis, kamera dan drone juga akan langsung mengirimkan notifikasi ke pengguna. Kombinasi drone dan Zenmuse XT2 ini sangatlah ideal di tangan regu penyelamat, namun juga sangat bermanfaat untuk melakukan inspeksi infrastruktur maupun di bidang pertanian.

DJI sejauh ini belum mengungkapkan banderol harga resmi Zenmuse XT2, tapi bisa dipastikan jauh dari kata murah.

Sumber: DPReview.