Salah satu penyedia pembayaran online, Doku kian memperkuat basis layanan produk Doku Myshortcart. Dengan menghadirkan solusi pembayaran bagi para pelaku UKM, Doku Myshortcart mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan platform e-commerceShopify. Melalui kerja sama ini, para penjual online di platform Shopify kini bisa menerima transaksi pembayaran dari Doku Myshortcart.

“Yang unik dari kolaborasi kami bersama Shopify adalah hadirnya metode pembayaran Doku yang sudah terintegrasi di menu pilihan check-out dalam Shopify, sehingga online seller tidak perlu melakukan proses instal aplikasi terpisah,” jelas Imam Akbar Hadikusumo Head of Doku Myshortcart yang dimuat dalam berita pers.

Dikatakannya, kehadiran Doku Myshortcart sebagai salah satu opsi saluran pembayaran di Shopify mampu memudahkan pengguna yang ingin terjun dalam bisnis online bisa langsung membangun toko online lengkap dengan fasilitas pembayarannya. “Hal ini memungkinkan para online seller untuk membuat toko online yang sudah dilengkapi oleh sistem pembayaran dan siap beroperasi dalam waktu singkat,” tambah Imam.

Doku Myshortcart sendiri merupakan produk Doku yang menawarkan fasilitas mudah bagi merchant dalam menjangkau pembeli secara langsung. Cara kerjanya memanfaatkan jaringan korespondensi melalui media sosial dengan satu akses link ke seluruh pilihan pembayaran baik itu melalui Doku Wallet ataupun layanan pembayaran lain seperti kartu kredit maupun transfer antar bank.

Bagi Doku, kolaborasinya bersama dengan Shopify tak ayal merupakan salah satu upayanya mewujudkan pertumbuhan yang pesat di tahun ini. Sebagaimana targetnya yang dipasang pada Juli lalu, Doku mengincar pertumbuhan bisnis sebesar 50% di sepanjang 2014 dengan salah satu strategi andalannya yang dipasang ialah menempatkan produk Doku Myshortcart di lini pasar UKM yang punya potensial tinggi.

Begitu pula halnya dengan Shopify, setelah meluncur di Indonesia sejak kurang lebih satu tahun yang lalu, performa Shopify sendiri memang bisa dikatakan seperti belum menemukan “ramuan” yang pas untuk menggoda pasar. Hingga pertengahan tahun ini saja, Shopify diketahui hanya baru berhasil menggaet seratus klien premium, di mana angka tersebut jelas masih sangat kecil di tengah industri e-commerce lokal yang terus berkembang.

Tak salah jika kerja sama ini bisa dikaitkan sebagai upaya keduanya untuk sama-sama memacu performa bisnisnya di tengah industri UKM yang menurut laporan Badan Pusat Statistik Nasional, di tahun 2013 kemarin baru hanya ada sekitar 75 ribu pelaku UKM di Indonesia yang memiliki toko online dari jumlah pengusaha UKM yang seluruhnya mencapai sekitar 17 juta.

Terlepas dari itu, melihat dari sudut pandang industri, dengan Doku yang berperan sebagai penyedia solusi pembayaran online dan Shopify yang menawarkan platform e-commerce bagi pelaku UKM, kolaborasi seperti ini rasanya cukup pantas untuk terus dilanjutkan di masa mendatang demi menciptakan ekosistem e-commerce dan UKM yang semakin maju di Indonesia.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.