1. Startup

Domikado Rilis Aplikasi Piala Dunia 2014, Gandeng Genflix Sebagai Penyedia Layanan Streaming

Seperti yang diumumkan pada Maret lalu, Domikado yang tengah menyiapkan aplikasi mobile untuk streaming pertandingan Piala Dunia 2014, belum lama ini telah merilis aplikasi live streaming bernama “Domikado 2014 FIFA World Cup” untuk perangkat Android. Aplikasi ini tak hanya menyajikan siaran langsung 32 pertandingan Piala Dunia saja saja namun juga menghadirkan berbagai kanal informasi seputar Piala Dunia 2014.

Domikado cukup serius dalam menggarap layanan ini. Seperti yang diberitakan oleh situs Indotelko (15/5), Domikado diketahui juga menggandeng salah satu pemain over-the-top dalam layanan streaming pertandingan sepak bola, Genflix. Dalam perwujudannya, Domikado memposisikan “peran” untuk beberapa mitra yang dirangkulnya dalam pengembangan aplikasi Domikado 2014 FIFA World Cup. Selain Genflix, Domikado juga diketahui bermitra dengan PT. Bhakti Artha Persada selaku pemegang lisensi siaran langsung Piala Dunia FIFA 2014 khusus untuk mobile dan broadband internet.

Dalam aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store ini, pencinta sepak bola bisa menemukan berbagai fitur yang dapat memuaskan dahaga akan perhelatan Piala Dunia 2014. Fitur utamanya tentu terletak pada streaming siaran langsung pertandingan Piala Dunia yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja pada perangkat ponsel maupun tablet Android yang terhubung dengan koneksi internet.

Pada fitur pendukung lainnya, pengguna juga bisa menyaksikan tayangan ulang dan highlight interaktif yang tersaji di dalam aplikasi tersebut. Tak sampai situ saja, informasi statistik dan berita terhangat seputar Piala Dunia 2014 juga ditampilkan secara real-time. Untuk menikmati seluruh layanan, pengguna cukup mendaftarkan akun Domikado baik itu lewat email pribadi maupun bisa memanfaatkan sarana login dengan Facebook dan Google+.

Dalam produk terbarunya kali ini, Domikado juga mengincar potensi bisnis yang cerah dari euforia Piala Dunia 2014. Walau hanya berlangsung selama kurang lebih satu bulan, Piala Dunia 2014 juga kerap dianggap sebagai lahan bisnis yang “gurih” bagi pelaku bisnis konten. Untuk model bisnisnya sendiri, pihak Domikado menyatakan akan melakukan sistem bagi hasil bagi para mitranya.

Seperti yang diungkapkan oleh Managing Director Domikado Faizal Adiputra, aplikasi ini memiliki dua model bisnis yang dijalankan yakni dari akses pengguna dan juga iklan. “Kita model bisnisnya dengan Genflix sharing. Dapat revenue dari akses, tetapi kalau ada iklan, nanti juga kebagian,” ungkap Faizal yang dimuat dalam pemberitaan situs Indotelko.

Pemasukan dari akses pengguna yang dimaksud ialah, dalam layanan ini pengguna diharuskan untuk berlangganan layanan Genflix baik itu berlangganan secara bulanan, mingguan, atau pun bisa secara video on demand. Genflix juga menawarkan sistem pembayaran yang umum yakni dengan layanan internet banking, transfer antar rekening, kartu kredit, dan juga voucher Smartfren.

Dari sistem bisnis yang dilakukannya saat ini, Domikado sepertinya tidak atau belum berhasil mengimplementasikan upaya Domikado dalam menghadirkan layanan pembayaran dengan sistem potong pulsa. Seperti yang disampaikan kepada kami sebelumnya, pihak Domikado berencana akan menerapkan sistem berlangganan dengan potong pulsa, namun hingga aplikasi ini dirilis, saya tidak menemukan keterangan apa pun mengenai realisasi dari rencana tersebut.

Dengan waktu yang masih tersisa kurang dari satu bulan lagi sebelum kick-off Piala Dunia 2014 dimulai, diharapkan Domikado benar dapat mewujudkan rencananya tersebut, karena seperti yang diketahui sistem potong pulsa masih menjadi “andalan” sebagian besar pengguna. Sistemnya yang cepat, ringkas, dan dapat menyentuh kalangan pengguna mana pun, sistem ini tentu bisa menarik minat dari banyak pengguna ketimbang harus direpotkan dengan sistem pembayaran yang telah dijabarkan di atas.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again