11 July 2019

by Yoga Wisesa

Dompet Super-Pintar Volterman Siap Temani Anda Keliling Dunia

Volterman dibekali kamera kecil untuk memotret setiap orang yang mencoba membukanya selain Anda.

Beberapa orang yang saya kenal mengaku bahwa mereka lebih baik lupa membawa dompet daripada meninggalkan smartphone secara tak sengaja. Kondisi ini memperlihakan pentingnya peran ponsel pintar dalam kehidupan masyarakat modern. Namun tak berarti dompet kehilangan esensinya. Di sinilah kita menyimpan benda-benda penting semisal SIM, KTP, kartu kredit dan debit.

Akan sangat merepotkan jika dompet tiba-tiba tidak bisa ditemukan di saat-saat penting. Dalam menanggulangi masalah tersebut, beberapa perusahaan mulai membenamkan kemampuan pintar di aksesori tersebut. Salah satu penjelmaan terunik dari 'dompet pintar' diajukan oleh satu tim asal Newark, Amerika Serikat. Via Indie Gogo mereka menjajakan Volterman, yaitu dompet yang siap jadi rekan Anda dalam bertamasya keliling dunia.

Volterman dirancang untuk menjadi smart-wallet paling lengkap. Ia menawarkan lima fitur utama: alarm jika Anda tak sengaja meninggalkannya, didukung GPS, dapat bekerja sebagai hotspot Wi-Fi serta power bank ketika baterai smartphone mulai menipis (ada opsi 2.000 sampai 5.000mAh), plus satu kapabilitas mendeteksi dan merekam wajah orang yang mencoba mencurinya.

Aspek paling menarik dari Volterman ialah, tim produsen bisa mengemas semua kapabilitas itu dalam aksesori tipis dan berbobot ringan layaknya dompet biasa. Volterman tersaji dalam beberapa pilihan model, di antaranya Bifold (tipe lipat dua), Travel (memanjang), serta Cardholder (dirancang untuk menaruh kartu-kartu penting). Produsen menawarkan dua tipe bahan, yaitu kulit asli (Nappa) dan sintetis (Vegan). Keduanya diklaim mempunyai kualitas tinggi.

Masing-masing dompet pintar Volterman punya ukuran dan berat berbeda, dengan kapasitas power bank yang bervariasi. 2.000mAh untuk Cardholder, 2.600mAh buat varian Bifold dan 5.000mAh di tipe Traveler. Uniknya lagi, semua dompet pintar Volterman punya struktur anti-air. Bahkan memasukkannya ke dalam air bisa berperan jadi sistem pendinginan darurat demi mencegah suhu baterai naik terlalu tinggi.

Untuk mengakses dan mengendalikan segala macam fungsi di Volterman, tim desainer telah menyiapkan aplikasi mobile companion di Android maupun iOS. Di sana Anda dapat melihat siapa yang mencoba membuka dompet serta lokasi detail tempat Anda meninggalkannya atau ketika seseorang mengambilnya. Modul kameranya sangat mungil dan lokasinya tersembunyi sehingga orang awam mungkin tak menyadari bahwa dompet pintar ini telah merekam wajahnya.

Power bank di Volterman dapat diisi secara standar atau via unit wireless charger opsional - Anda hanya tinggal menaruh dompet di atasnya saja. Dompet Volterman bisa Anda pesan sekarang juga di situs crowdfundingIndie Gogo. Masing-masing model dibanderol di harga berbeda: US$ 170 (Bifold), US$ 115 (Cardholder), US$ 180 (Traveler).