Categories

Berita

Indosat Dompetku Jadi “Payment Gateway” BPJS Ketenagakerjaan

Konsep payment point online banking diterapkan pada Dompetku untuk mendukung layanan tersebut

Randi Eka - 30 June 2015

Menindaklanjuti penandatanganan MoU antara Indosat dengan BPJS di awal Mei lalu, layanan Dompetku siap menjadi layanan payment gateway untuk transaksi e-money BPJS Ketenagakerjaan. Kerja sama ini akan memungkinkan pelanggan BPJS Ketenagakerjaan melakukan pembayaran melalui perangkat seluler. Konsep payment point online banking (PPOB) diterapkan pada layanan Dompetku, untuk mampu menangani operasionalitas BPJS tersebut.

PPOB sendiri merupakan sebuah layanan pembayaran tagihan secara online dan real time sehingga proses rekonsialiasi data dan dana bisa lebih cepat dan akurat. Indosat juga menhadirkan layanan SMS Center 2757 untuk melayani pendaftaran nasabah baru dan pengecekan saldo pelanggan BPJS Ketenagakerjaan hanya dengan mengirimkan SMS dengan kode tertentu yang dapat diakses dan dilakukan di manapun dengan mudah mengunakan seluruh kartu seluler Indosat. Saat ini proses pendaftaran dan pembayaran BPJS sudah dapat diakses oleh seluruh pelanggan Dompetku dan pelanggan seluler Indosat.

Selain memberikan dukungan dari sisi pelayanan konsumen, Indosat juga mendukung sistem komunikasi internal pegawai BPJS Ketenagakerjaan dengan menyediakan layanan closed-user-group (CUG) yang memberikan bebas telepon antar sesama karyawan yang menjadi anggota. Saat ini juga Indosat sedang mempersiapkan layanan jaringan tertutup atau connectivity dan layanan dedicated internet untuk mendukung operasional BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami bangga sebagai satu-satunya operator telekomunikasi di luar perbankan yang dipercaya bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, sekaligus mendukung salah satu program penting Pemerintah dalam melayani masyarakat khususnya tenaga kerja di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa dengan sinergi layanan Dompetku, SMS Center 2757, komunikasi antar karyawan closed-user-group dan layanan lain yang sedang kami persiapkan akan memberikan dampak positif berupa pengalaman terbaik bagi seluruh nasabah BPJS Ketenagakerjaan. Kami berharap kerjasama ini akan terus berlanjut dan dapat lebih ditingkatkan ke depan,” ungkap Group Head Mobile Financial Services Indosat Randy Pangalila.

Indosat Dompetku sendiri sampai saat ini masih terus mengembangkan kerja sama ke berbagai lini bisnis. Terakhir, tepatnya dua bulan lalu, MigMe, Dinomarket dan Faspay turut diajak bekerja sama. Upaya ini tak lain untuk mengimbangi tren transaksi online yang saat ini sedang bertumbuh di Indonesia.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter