Categories

Interview

Doogether Fasilitasi Pencarian Informasi Hingga Pemesanan untuk Tempat Berolahraga (UPDATED)

Variasi tempat dan jenis olahraga yang ditawarkan cukup luas, mulai dari sepak bola, seni bela diri, hingga kebugaran

Adjie Priambada - 21 June 2016

Sebagian besar masyarakat urban (73 persen) telah menempatkan kesehatan pribadi menjadi isu nomor satu dalam prioritas hidup dan jumlah ini meningkat 19 persen dari indeks yang sama di 2014. Namun, hasrat tersebut masih belum diikuti dengan kemudahan memperoleh informasi tempat berolahraga. Peluang ini yang coba diambil oleh Doogether untuk menjadi fasilitas atau jembatan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi hingga melakukan pemesanan tempat olahraga.

Layanan Doogether ini awalnya didirikan oleh tiga orang, yaitu Fauzan Gani sebagai CEO, Helmy Ikhsan sebagai COO, dan Ichsan Nugroho sebagai CCO. Kemudian, dalam perjalanannya Danke Alamien turut bergabung menjadi CPO. Doogether sendiri lahir pada Januari 2016 dan melakukan soft launch di 25 April 2016.

Fauzan mengungkapkan, “Alasan kami mendirikan Doogether karena segala informasi mengenai tempat-tempat olahraga itu tersebar tidak beraturan  di segela tempat. […] Maka dari itu kami memutuskan mendirikan Doogether pada Januari 2016, platform yang punya semua jenis olahraga yang bisa Anda pikirkan dengan informasi terpercaya. Kami juga memberikan kesempatan kepada pemilik tempat olahraga untuk menceritakan keunikannya di Doogether.”

Pada dasarnya Doogether sendiri merupakan sebuah platform olahraga yang memudahkan penggunanya mengakses informasi mengenai tempat-tempat untuk berolahraga. Mulai dari harga, jenis olahraga yang dilakukan, schedule, foto, alamat, promo, event, rating, dan ulasan. Pengguna juga bisa menggunakan layanan Doogether untuk melakukan booking tempat olahraga yang bersangkutan atau langsung membeli paket-paket olahraga yang ditawarkan.

Fauzan mengatakan, “Itu semua tidak akan dikenakan biaya tambahan oleh Doogether, it’s free!”

Doogether dan bisnisnya

Doogether berencana merambah ranah aplikasi mobile Android dan iOS tahun ini / Dailysocial

Untuk melakukan proses booking, pengguna yang terdaftar cukup memilih kategori olahraga yang diinginkan, memilih tempat, memilih jenis olahraga yang tersedia, kemudian memilih jadwal, dan pesan. Fauzan mengklaim bahwa proses pemesan rata-rata selesai dalam waktu lima menit saja. Setelah mendapatkan konfirmasi pemesanan melalui email, pembayaran baru dapat dilakukan pengguna secara langsung di tempat olahraga yang bersangkutan.

Fauzan menyampaikan, “Visi dan misi Doogether adalah 'To Be One Stop Platform for Sport' dengan membantu Indonesia untuk melakukan olahraga dengan cara termudah. Kami akan memberikan informasi paling baru dengan cara yang tidak menyulitkan, menambah inventory tempat olahraga rekanan, promo-promo menarik, dan menambah strategic businesspartner lebih banyak lagi.”

Saat ini Doogether masih menjalankan bisnisnya dengan dana internal atau bootstrapping. Sedangkan mengenai wilayah operasional, Fauzan mengungkap bahwa Doogether baru mencakup wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan total 30 tempat olahraga dan 160 pilihan jenis olahraga yang bisa dipesan.

Salah satu target yang ingin dicapai oleh Doogether tahun ini adalah mendapatkan pendanaan dari pihak luar. Di samping itu, Doogether juga ingin merambah ranah aplikasi Android dan iOS di tahun yang sama dan terus menambahkan rekanan tempat olahraga Doogether.

"Kami adalah para entrepreneurfresh graduate muda. Kami akan mematahkan paradigma bahwa untuk mencipatakan sebuah startup sukses diharuskan dengan background yang outstanding atau dengan segudang pengamalan. Kami, dengan dilandasi sebuah kegigihan, mencoba dan percaya dengan membuat strategi tepat akan membuat semua warga indonesia melakukan olahraga dengan cara termudah, by just one click," tandas Fauzan.

Update:  Ichsan Nugroho sudah tidak lagi bergabung dengan Doogether

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter