Misc

Doppler Labs, Pencipta True Wireless Earphone Inovatif Here One, Resmi Gulung Tikar

Penjualan mengecewakan, tidak ada investor yang tertarik menyuntikkan dana ekstra, plus ditekan persaingan dari pabrikan-pabrikan besar

Meski belum bisa dibilang mainstream, true wireless earphone sudah sangat dikenal di tahun 2017 ini. Situasinya sangat berbeda satu atau bahkan dua tahun lalu, tepatnya ketika Apple AirPods – yang bisa disebut sebagai biang popularitas kategori ini – belum eksis sama sekali.

Di masa-masa itu, sejumlah startup dengan leluasa bereksperimen di kategori ini. Ada Bragi yang tercatat sebagai pionir true wireless earphone, lalu ada pula Doppler Labs yang menawarkan lebih dari sekadar earphone tanpa seuntai kabel.

Sekumpulan ahli audio engineering asal kota New York itu mencoba merealisasikan konsep unik bertajuk augmented hearing, yang pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk memanipulasi suara di sekitarnya secara real-time. Sejak didirikan di tahun 2013, Doppler Labs sudah merilis tiga produk inovatif: Dubs Acoustic Filters, Here Active Listening, dan Here One.

Here One adalah kulminasi dari teknologi yang mereka kembangkan selama ini. Dari luar, ia tampak seperti true wireless earphone yang kita kenal sekarang, lengkap beserta charging case-nya. Namun dengan berbekal fitur manipulasi suara, Here One sejatinya juga bisa berperan sebagai alat bantu dengar.

Sayang sekali nasib Doppler Labs kurang beruntung. Mereka harus menjalani bisnisnya di saat Apple, Sony dan sederet pabrikan besar lainnya juga memulai debutnya di ranah true wireless earphone. Modal pendanaan yang mereka kumpulkan hingga lebih dari $50 juta terus terkuras sampai akhirnya tidak bersisa.

Berbagai strategi terus diterapkan oleh para pendirinya, termasuk melakukan pitching ke investor demi investor. Namun sederet taktik penyelamatan itu tidak ada yang berhasil, dan Doppler Labs pun akhirnya memutuskan untuk gulung tikar dan berhenti menjual produk-produknya.

Meski sebagai perusahaan perkembangan Doppler Labs cukup stabil sampai di titik mereka sudah mulai mengembangkan suksesor Here One, penjualan Here One sendiri tergolong mengecewakan. Sejauh ini hanya sekitar 25.000 unit Here One yang berhasil terjual, dan mereka masih punya stok 15.000 unit yang terabaikan begitu saja.

Sebagai bentuk 'perjuangan' terakhirnya, Doppler Labs bakal merilis aplikasi baru untuk Here One pada bulan Desember mendatang. Aplikasi bernama Here Plus ini sebenarnya masih belum benar-benar selesai dikembangkan, tapi menyimpan fitur yang dikhususkan untuk meningkatkan efektivitas Here One sebagai alat bantu dengar.

Sumber: Wareable dan Wired.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter