Categories

Social Media

Dorong Pertumbuhan Pengguna Mobile, Pinterest Rombak Desain Versi Mobile Serupa dengan Aplikasi iOS dan Android

Bambang Winarso - 7 February 2014

Pada tahun 2013 setidaknya terdapat peningkatan sebesar 50% pengguna Pinterest yang menggunakan peramban mobile. Sementara pengguna yang mengakses dari aplikasi iOS dan Android melompati angka 75% di tahun 2014. Sadar betul desain memegang peranan penting, hari ini Pinterest merilis desain versi mobile dengan tampilan yang sama seperti yang ada di versi aplikasi iOS dan Android.

Desain terbaru yang dirilis oleh Pinterest untuk versi situs mobile ini memiliki tampilan yang sama dengan aplikasi untuk perangkat bergerak mereka, namun tak hanya dari sisi tampilan, tim pengembang juga melakukan migrasi ke frameworkweb terbaru yang lebih bersih dan susunan kode program modular.

Keberadaan framework baru ini mempermudah dan mempercepat web untuk berbagi kode antara desktop dan peramban mobile yang pada akhirnya mempercepat proses sinkronisasi antar layanan atas perubahan yang terjadi.

 

Info Menarik: Lumia 1520 Dijual di Indonesia Seharga 9 Jutaan, Telah Tersedia di Nokia Store MKG

 

Peluncuran desain baru yang serupa dengan aplikasi iOS dan Android merupakan satu upaya Pinterest untuk memuluskan langkah strategi ekspansi mereka.

Berdasarkan klaim Pinterest bahwa 75% pengguna mereka mengakses layanan dari aplikasi perangkat bergerak. Angka tersebut tidak termasuk pengguna dari peramban mobile, jika digabungkan maka persentasenya akan jauh lebih besar. Kemungkinan besar Pinterest berangkat dari data tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan perombakan.

Jika data di atas menjadi acuan utama, tentu bukan keputusan naif jika Pinterest kemudian memutuskan untuk membuat versi mobile terlihat sama dengan versi aplikasi Android dan iOS dengan tujuan menarik lebih banyak minat pengguna dari sektor ini.

Sebagai bagian dari paket perombakan desain, Pinterest menerapkan opsi tambahan pin yang tadinya hanya ada di versi aplikasi mobile. Selain itu bagian halaman board yang terdiri dari board terbaru dan board picker serta aliran proses pendaftaran, juga mengalami perubahan signifikan.

Sumber berita Engadget dan gambar header Pinterest via Shutterstock. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter