10 June 2015

by Glenn Kaonang

Dot Adalah Aplikasi Berbagi Lokasi untuk Segala Objek yang Anda Jumpai

Foursquare mungkin sudah tidak setenar dulu, akan tetapi harus kita akui bahwa aplikasi tersebut berhasil mengubah cara kita berbagi informasi soal lokasi-lokasi kuliner yang wajib dijajal. Saat ada depot masakan Aceh baru, Anda bisa langsung check-in dan beberapa hari kemudian, teman-teman Anda sudah tidak sabar untuk ikut mampir ke sana.

Namun bagaimana ketika Anda menjumpai semangkuk bakso super-nikmat yang dijual oleh abang tukang bakso di suatu sudut jalanan? Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi berbagi lokasi baru bernama Dot.

Dalam aplikasi ini, Anda bisa menempatkan dot (titik) di mana pun Anda mau pada suatu lokasi. Dalam kasus tadi, Anda bisa menempatkan titik dimana sang abang tukang bakso mangkal sehingga teman-teman Anda pun bisa ikut menyeruput kuah kaldunya yang sangat enak.

Info menarik: Facebook Lite Resmi Diumumkan, Lebih Ringan dan Cepat untuk Jaringan 2G

Setiap dot bisa Anda kategorikan dengan menambahkan hashtag. Sebagai contoh, Anda bisa mengumpulkan warung kopi mana saja yang menawarkan #freewifi kepada para pengunjungnya. Dot yang ditempatkan oleh orang-orang yang Anda follow akan tampil dalam warna yang berbeda-beda.

Pada dasarnya, Dot memungkinkan Anda untuk menandai objek apa saja yang Anda temukan. Anda bisa menempatkan dot untuk sederet tembok penuh mural yang artistik, atau Anda juga bisa menempatkan dot pada jalanan yang dipenuhi oleh lubang bekas genangan banjir.

Dengan kata lain, kalau Foursquare terpaut pada satu topik saja, yakni kuliner, maka Dot tidak demikian. Semuanya tergantung kreativitas pengguna dan jaringan yang ia bangun bersama rekan-rekannya.

Dot saat ini baru tersedia untuk iOS saja, akan tetapi tim pengembangnya tengah mengerjakan versi Android-nya.

Sumber: TheNextWeb.