Categories

Gadget

Dr!ft Ialah Game Simulasi Sekaligus Miniatur Mobil Balap Sungguhan

Dr!ft betul-betul berprinsip pada dinamika mobil sungguhan dan mampu mensimulasikan aspek fisik kendaraan.

Yoga Wisesa - 14 December 2016

Saat pertama diperkenalkan, Anki Drive memang menakjubkan: memadukan konsep game dan mobil mainan, di mana masing-masing kendaraan dibekali AI dan bekerja dengan memanfaatkan sensor optik serta motor. Kesuksesan Drive mendorong Anki menggarap versi barunya, Overdrive. Tapi bagi sebagian orang, Anki masih dianggap sebagai mainan.

Alternatif lebih ‘seriusnya’ diajukan oleh kumpulan developer dari Speyer, Jerman. Mereka menyingkap Dr!ft, versi high-tech dari kombinasi antara mainan mobil dengan game, dan saya sendiri menganggapnya sebagai penjelmaan futuristis dari Tomica/Hot Wheels. Alasannya, Dr!ft betul-betul berprinsip pada dinamika mobil sungguhan, mampu mensimulasikan aspek fisik kendaraan, dan akhirnya menyuguhkan pengalaman bermain yang realistis.

Menariknya lagi, Dr!ft tak memerlukan arena pacu khusus. Ia dapat melaju di permukaan apapun asalkan teksturnya mulus – satu contohnya adalah meja kantor. Ia juga tidak membutuhkan controller khusus, arahnya gerakannya bisa dikendalikan melalui aplikasi mobile companion, tersedia buat Android ataupun iOS, tersambung ke perangkat bergerak via Bluetooth berkecepatan tinggi.

Bagi developer, Dr!ft bukanlah mainan, melainkan sebuah kategori baru di ranah gaming. Setiap model kendaraan mempunyai karakteristik berbeda, misalnya apakah ia understeer atau oversteer, lalu mobil juga dapat melakukan drifting tanpa terpental dari lintasan. Mobil Dr!ft mengusung skala 1 banding 43 dengan lebar 107mm; didesain secara seksama untuk mensimulasikan akselerasi, kecepatan maksimal, jarak rem sesungguhnya, serta bobot 1,6-ton. Rem tangan diposisikan buat mengunci ban belakang, dan lampu depannya bisa menyala.

Buat menyempurnakan pengalaman bermain, developer juga memerhatikan segi audio. Tiap model mengeluarkan raungan mesin berbeda, begitu pula suara ban saat mobil meluncur dan mengerem. Proses setup dan tuning bisa dilakukan lewat app, dan di sana Anda dipersilakan memilih mode berkendara serta menentukan program driving stability. Selain itu, user dapat menerapkan sistem drive train RWD, FWD serta AWD sesuai keinginan.

Dr!ft menyimpan baterai build-in, dapat diisi ulang secara mudah lewat port USB. Di app, sistem kendalinya dirancang agar intuitif, tak jauh berbeda dari game racing di platform mobile. Developer juga menambahkan fungsi darurat: jika terjadi apa-apa, tinggal balikkan layar device ke bawah, dan mobil langsung berhenti bergerak.

Saat ini ada dua tipe mobil Dr!ft yang bisa Anda mainkan, yaitu Red Turbo (565HP, torsi 570Nm, mesin 3,4l straight-six twin turbo) dan Silver V8 (550hp, torsi 600Nm, mesin V8 5,2l), dapat Anda pesan seharga mulai dari € 140 (US$ 150) di Kickstarter.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter