26 August 2014

by Yoga Wisesa

DrinkPure, Alat Ringkas Pemurni Air

Ada dua masalah terbesar di dunia terkait dengan ketersediaan air minum. Pertama, sekitar 780 juta orang sama sekali tidak mendapatkan akses ke air bersih. Lalu yang lebih menyedihkan lagi, tiap tahun 3,4 juta jiwa meninggal akibat air kotor. Bisa kita mengerti, kualitas air kian menurun dengan bertambahnya jumlah penduduk dunia.

Ironisnya, air menutup 2/3 permukaan Bumi dan merupakan salah satu zat paling melimpah. Teknologi berhasil mengirim manusia ke Bulan, tapi mengapa kita belum mendapatkan solusi pembersih air yang murah dan mudah? Satu tim ahli asal Swiss mencoba menjawab tantangan ini dan mengenalkan DrinkPure.

DrinkPure ialah sebuah perangkat kecil penjernih air dengan penggunaan yang sangat sederhana. Ia murah, tidak membutuhkan pasokan energi, ringkas dan fungsional. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengisi air ke dalam botol PET (biasa digunakan sebagai kemasan air minum bermerk), lalu pasang DrinkPure sebagai tutupnya. Kemudian tekan bagian botol untuk mengeluarkan air.

 

 

Info menarik: P&P Office Waste Processor Tawarkan Ide Untuk Mengubah Sampah Kertas Menjadi Pensil

 

Bukan hanya inovatif, tapi penyajian tersebut sangat ringkas dan pada dasarnya tidak membutuhkan banyak syarat. Air yang dihasilkan DrinkPure ialah air murni dan bersih dari segala macam bakteri, bahan kimia serta logam berat berbahaya. Pertanyaannya, bagaimana DrinkPure mampu melakukan hal itu?

DrinkPure memanfaatkan lapisan membran khusus penyaring air. Proses pemurnian terdiri dari tiga tahap. Pertama, air kotor akan melewati bagian prefilter untuk menyingkirkan tanah, pasir serta tanaman mikroskopik. Lalu bagian active carbon-nya akan menetralisir zat kimia, bau dan logam berat. Yang terakhir, air akan melintasi membran berpori-pori super-kecil untuk menyaring bakteri serta protozoa.

Tanpa bahan keramik, Anda tak usah khawatir merusak DrinkPure saat menggunakannya. Bagian membran berpori-pori 90 nanometer dilindungi oleh material plastik berkualitas hasil metode 3D printing. Ia memiliki ukuran diameter 12cm dan tinggi 6cm, dengan bobot hanya 100 gram, sehingga sangat mudah bagi kita untuk menyimpannya di dalam tas.

 

Info menarik: Beberapa Gadget & Metode Modern untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

 

Kemampuannya ini membuat DrinkPure bisa digunakan dalam berbagai situasi dan skenario. Saat berkunjung ke daerah terpencil, kita tak perlu lagi berpikir untuk menyiapkan penyimpanan air bersih. Menyediakan alat pemurni air di desa kecil biasanya membutuhkan dana dan program edukasi menyeluruh. Tapi dengan membagikan DrinkPure ke penduduk, kita dapat menghemat uang dan waktu lebih banyak.

DrinkPure juga sangat berguna bagi petualang dan wisatawan. Jangan khawatir lagi ketika situasi mengharuskan Anda meminum air langsung dari keran. Air tidak perlu dimasak, dan pengguna bisa meminumnya tanpa menambahkan zat kimia. DrinkPure menyediakan kita air bersih bahkan saat bepergian jauh dari peradaban - sebuah perangkat sempurna untuk para petualang.

DrinkPure adalah hasil karya kakak-beradik Kellenberger dan Schumacher Christoph Ph.D, dibantu Asisten Profesor Wendelin Stark, Jeremy Nussbaumer dan Antuine Herzog. Anda bisa memesannya melalui website crowdfundingIndie Gogo seharga mulai dari US$ 49 (untuk versi retailnya, harga akan berubah).

Sumber: Indie Gogo.