6 August 2015

by Glenn Kaonang

Drone DJI Phantom 3 Standard Ditujukan Buat Pengguna Pemula

Sekitar empat bulan setelah memperkenalkan lini Phantom 3, DJI kini mengungkap kehadiran anggota terbaru di lini tersebut, Phantom 3 Standard. Drone paling gres dari DJI ini dirancang secara khusus buat pengguna pemula.

Karena ditujukan buat pengguna yang belum begitu menguasai teknik-teknik pengendalian drone, DJI Phantom 3 Standard mengusung tiga mode penerbangan semi-autopilot: 1) Follow Me yang akan mengikuti ke mana pun pemegang controller-nya bergerak, 2) Waypoint Navigation untuk menetapkan rute terbang sehingga pengguna hanya perlu mengontrol kameranya, dan 3) Point of Interest, dimana pengguna bisa menetapkan suatu objek untuk dikitari Phantom 3 Standard dalam lingkaran yang sempurna.

Terkait spesifikasinya, Phantom 3 Standard mengemas kamera yang mampu merekam video beresolusi 2704 x 1520 pixel dalam kecepatan 30 fps dan sudut pandang selebar 94 derajat. Kamera tersebut juga bisa menjepret foto 12 megapixel, baik dalam format JPEG maupun DNG. Tentu saja, gimbal 3-axis yang sudah menjadi andalan DJI turut hadir menstabilkan kamera milik Phantom 3 Standard.

Info menarik: 8 Drone Murah Terbaik yang Bisa Anda Beli Saat Ini

Lalu apa yang membuatnya berbeda dari Phantom 3 Advanced dan Phantom 3 Professional yang dijual lebih mahal? Yang pertama, controller-nya bukanlah model baru, melainkan controller milik Phantom 2 Vision+ yang diimbuhi Wi-Fi range extender. Hal ini berarti Phantom 3 Standard tidak dibekali teknologi transmisi sinyal Lightbridge yang revolusioner; ia cuma bisa meneruskan video 720p ke smartphone atau tablet dari jarak 1 km saja.

Kedua, Phantom 3 Standard hanya dibekali GPS untuk mengunci posisinya, tidak seperti kedua kakaknya yang juga dilengkapi GLONASS sehingga bisa lebih akurat. Phantom 3 Standard juga tidak mengemas sensor ultrasonik yang memungkinkan kedua kakaknya tersebut untuk terbang rendah di atas lantai di dalam ruangan.

Info menarik: Menerbangkan Drone Sembarangan Sekarang Ada Sanksinya

Terlepas dari itu, Phantom 3 Standard masih merupakan alternatif yang menarik buat para pengguna yang masih awam, terutama jika melihat mode semi-autopilot-nya yang cerdas. Sebagai bonus, baterai milik Phantom 3 Standard juga tergolong tahan lama, dengan waktu terbang sekitar 25 menit sekali charge.

DJI Phantom 3 Standard saat ini sudah dipasarkan melalui situs resminya seharga $799, atau sekitar $200 lebih murah ketimbang Phantom 3 Advanced, dan $460 lebih murah dari Phantom 3 Professional.

Sumber: DJI.