22 July 2016

by Glenn Kaonang

Drone Walkera Voyager 4 Andalkan Fitur Zoom Amat Jauh dan Konektivitas 4G

Berkat konektivitas 4G, drone pada dasarnya bisa dikendalikan dari mana saja selama ada koneksi internet

Baru pekan lalu DJI memperkenalkan kamera dengan lensa zoom pertama untuk drone kreasinya. Sekarang sudah ada pabrikan lain yang mencoba menjegal inovasi DJI ini. Perusahaan tersebut adalah Walkera – yang masih satu kampung dengan DJI – dan mereka belum lama ini memperkenalkan droneflagship terbarunya dengan kemampuan optical zoom 'tingkat dewa'.

Dijuluki Walkera Voyager 4, keunggulan utama drone ini pada pada kameranya. Kalau DJI Zenmuse 3 menawarkan optical zoom 3,5x, Voyager 4 dengan bangga menyuguhkan optical zoom 16x. Perbandingannya bisa dibilang bagaikan langit dan bumi, mengingat kamera Voyager 4 punya panjang focal setara 10 - 1.500 milimeter.

Pada prakteknya, fitur zoom sejauh ini memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dari jarak sejauh 1 kilometer, jika dibandingkan dengan drone lain yang umumnya mengusung kamera dengan lensa wide angle. Pun demikian, DJI Zenmuse 3 masih lebih unggul soal kualitas video berkat opsi perekaman 4K, sedangkan kamera milik Voyager 4 hanya terbatas di resolusi 1080p.

Walkera Voyager dibekali dengan fitur optical zoom 16x, setara panjang focal 10 - 1.500 mm / Walkera

Namun Voyager 4 masih menyimpan satu keunggulan lain, yaitu konektivitas 4G, baik pada unit drone maupun controller-nya. Hal ini pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mengendalikan drone dari mana pun, tidak peduli jaraknya sejauh apa.

Jadi selama koneksi internet lancar dan cepat, pengguna bisa mengendalikan Voyager 4 dari dalam kamar meski drone sedang berada di kota lain misalnya. Kalau mau cara yang 'normal', Voyager 4 bisa dikendalikan dari jarak maksimum 1,5 km lewat jaringan Wi-Fi.

Sejauh ini Walkera belum mengungkapkan banderol harga dari Voyager 4. Namun kalau merujuk pada pendahulunya, Voyager 3 yang dipasarkan seharga $2.000, bisa jadi Voyager 4 dihargai sama atau bahkan lebih mahal.

Sumber: Gizmag.