12 February 2015

by Glenn Kaonang

Dropbox for Gmail Adalah Extension Google Chrome untuk Mempermudah Melampirkan File di Gmail

Jika saya bertanya, “Apa layanan email paling populer di dunia?” Mayoritas akan menjawab Gmail, layanan email dari Google. Namun saat menanyakan hal yang sama untuk layanan cloud storage, rata-rata akan menjawab Dropbox.

Google sendiri sebenarnya memiliki layanan cloud storage bernama Google Drive yang terintegrasikan dengan baik pada Gmail. Akan tetapi tidak semua orang mau menggunakannya – termasuk saya pribadi – karena berbagai ragam alasan.

Tentu saja tidak ada yang melarang kita menggunakan layanan internet dari dua perusahaan yang berbeda. Namun demikian, dalam melakukan korespondensi via email sehari-harinya, seringkali kita perlu melampirkan file sebagai pelengkap – kehadiran layanan cloud storage sangatlah membantu.

Melampirkan file yang tersimpan di cloud pada Gmail sangat mudah jika Anda menggunakan Google Drive, tetapi tidak demikian jika Anda adalah pengguna Dropbox. Dropbox menyadari akan problem tersebut, dan mereka pun telah menyiapkan solusi yang jitu.

 

Info menarik: [Panduan Pemula] Cara Upload File ke Dropbox

 

Solusi tersebut dikemas dalam wujud extension untuk browser Google Chrome. Sesuai namanya, Dropbox for Gmail memang dirancang untuk mempermudah proses attachfile bagi pengguna Gmail yang lebih memilih Dropbox sebagai layanan cloud storage-nya.

Setelah menginstal extension Dropbox for Gmail, akan muncul sebuah tombol baru dengan icon Dropbox pada jendela ‘Compose’ di Gmail. Saat menekan tombol tersebut, sebuah jendela baru akan muncul di atas jendela ‘Compose’ sehingga Anda bisa memilih file dari akun Dropbox Anda yang ingin dilampirkan secara langsung.

Extension ini sangat membantu menghemat waktu. Pasalnya, sebelum ini kita harus membuka tab baru untuk menyalin link dari file tertentu yang tersimpan dalam akun Dropbox kita. Dengan extension baru ini, kita bisa melakukan semua itu dalam satu tab saja – sama seperti ketika kita ingin melampirkan file yang tersimpan dalam Google Drive.

Meski masih dalam versi beta, extension ini sudah bisa diunduh oleh publik yang menggunakan browser Google Chrome. Anda bisa langsung mengaksesnya melalui link berikut: Dropbox for Gmail (Beta).

Via: LifeHacker. Gambar header: aradaphotography/Shutterstock.com.