18 February 2015

by Glenn Kaonang

Dropbox Hadirkan Extension iOS 8 Baru untuk Memudahkan Proses Upload

Sejak diperkenalkannya fitur Extension untuk iOS 8 tahun lalu, pihak pengembang tampak semangat meluncurkan update untuk aplikasi-aplikasi buatannya. Mereka mencoba untuk memberikan pengalaman baru kepada pengguna perangkat iOS 8 lewat extension aplikasi yang terintegrasi ke sistem operasi secara langsung.

Extension terbaru kali ini datang dari Dropbox, salah satu layanan cloud storage populer di dunia. Lewat update versi 3.7, aplikasi Dropbox untuk iOS kini membawa sebuah extension yang bisa diaktifkan oleh pengguna untuk memudahkan proses upload.

Saat mengakses tombol share bawaan iOS 8, pengguna bisa mengaktifkan extension “Save to Dropbox” melalui menu “More” di ujung kanan. Dari namanya saja sudah amat jelas, extension ini dapat difungsikan pengguna untuk mengunggah file ke akun Dropbox-nya.

Info menarik: 5 Aplikasi Pilihan iOS Yang Telah Mendukung Fitur Extensions di iOS 8

Sebelum ini, jika Anda ingin mengunggah foto ke Dropbox, Anda harus membuka aplikasi Dropbox terlebih dahulu, lalu mengunggahnya secara manual dari sana – atau Anda bisa juga mengaktifkan fitur Camera Upload. Dengan extension baru ini, Anda bisa mengunggah foto ke Dropbox langsung dari aplikasi Photos, tanpa harus repot berpindah aplikasi.

Caranya, setelah mengaktifkan extension “Save to Dropbox” tadi, Anda hanya perlu memilih foto yang ingin diunggah, lalu tap tombol share. Di sana akan terpampang pilihan “Save to Dropbox”, kemudian Anda juga bisa menentukan nama file serta folder tujuan yang Anda inginkan.

Tidak hanya di aplikasi Photos, di aplikasi Notes misalnya, Anda bisa mengunggah berbagai catatan yang Anda buat ke akun Dropbox secara langsung dengan formatfile “.txt” (plain text). Singkatnya, hampir semua aplikasi yang mendukung fitur Share Sheet bawaan iOS 8 bisa memanfaatkan extension “Save to Dropbox” ini.

Dropbox untuk iOS versi 3.7 ini sudah bisa Anda unduh langsung melalui App Store.

Via: 9to5Mac. Gambar header: aradaphotography/Shutterstock.com.