Categories

Internet

Dropbox Sedang Uji Aplikasi Password Manager Bikinannya Sendiri

Dari menyimpan segala macam file, kini juga menjadi brankas kata sandi

Glenn Kaonang - 9 June 2020

Selama bertahun-tahun, Dropbox telah menjadi tempat orang-orang menyimpan foto, video, dokumen, dan beraneka ragam file lain. Dalam waktu dekat, Dropbox sepertinya juga bakal menjadi tempat untuk menyimpan kata sandi alias password.

Secara diam-diam, pelopor layanan cloud storage itu meluncurkan aplikasi baru bernama Dropbox Passwords ke Google Play Store. Aplikasinya sejauh ini masih berstatus beta, dan meski siapapun bisa mengunduhnya, yang bisa menggunakannya hanyalah yang sudah menerima link undangan.

Seperti halnya layanan password manager lain, Dropbox Passwords mampu menciptakan password acak untuk setiap akun yang pengguna cantumkan, lalu menyinkronisasikannya secara otomatis supaya ‘brankas password-nya’ ini dapat diakses dari beberapa perangkat sekaligus (pengguna cukup mengingat-ingat satu password utama untuk ‘membuka brankasnya’ saja). Semua kata sandinya diproteksi dengan teknik enkripsi zero-knowledge.

Supaya memudahkan, Dropbox Passwords juga menawarkan integrasi dengan aplikasi lain dengan memanfaatkan fitur autofill bawaan Android. One-click sign in, demikian istilah kerennya, yang berarti pengguna tidak perlu menyalin kata sandi dari Dropbox Passwords setiap kali hendak login ke layanan tertentu.

Kapan pastinya Dropbox Passwords bakal tersedia untuk publik masih belum diketahui. Dugaan saya, Dropbox Passwords nantinya akan ditawarkan secara cuma-cuma, akan tetapi ada fasilitas ekstra bagi yang membayar biaya berlangganan (atau jika pengguna sudah berlangganan Dropbox Plus).

Sumber: Android Police.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter