Categories

Home Appliance

Drumi Bisa Mencuci Pakaian Tanpa Bantuan Energi Listrik

Glenn Kaonang - 5 May 2015

Minggu lalu, kita sudah melihat bagaimana sepeda bisa digabungkan dengan mesin cuci. Dalam artikel tersebut, disinggung pula keberadaan perangkat bernama Drumi, yang sejatinya merupakan mesin cuci mungil seukuran magic jar yang ditenagai oleh gerakan kaki. Dan kali ini kita akan membahas Drumi secara lebih merinci.

Ide di balik pengembangan Drumi amatlah sederhana, yakni menyediakan solusi supaya Anda tidak harus menunggu beberapa hari hingga pakaian menggunung, lalu baru menyetornya ke dalam mesin cuci. Dengan Drumi, setiap 2 - 3 hari Anda bisa mencuci pakaian tanpa harus khawatir tagihan listrik akan membengkak.

Bagaimana bisa demikian? Karena pada dasarnya, Drumi sama sekali tidak memerlukan energi listrik untuk bisa beroperasi. Genjotan kaki Anda-lah yang dijadikan sumber tenaga, sama seperti yang ditawarkan oleh konsep Bike Washing Machine yang TRL bahas minggu kemarin.

Info menarik: Coton Handy Hadirkan ‘Mesin Cuci’ Seukuran Kaleng Hair Spray

Dilihat dari luar, wajar apabila Anda menyalahartikan Drumi sebagai sebuah mesin penanak nasi. Bentuknya memang mirip, tetapi bagian atas Drumi transparan sehingga Anda bisa memantau proses pencucian. Di dalamnya, terdapat sebuah drum berbentuk bola dengan sepasang engsel di kiri-kanannya. Drum ini sanggup menampung sekitar 2,25 kg, atau setara 6 - 7 potong pakaian – bisa lebih banyak jika Anda menggunakannya untuk mencuci pakaian dalam.

Menggunakan Drumi tampak mudah. Buka tutup transparannya, lalu putar penutup bolanya. Masukkan sejumlah pakaian, tutup, lalu tuangkan sejumlah deterjen cair atau bubuk, plus pewangi di atas penutup tersebut. Tuangkan sekitar 5 liter air, tempatkan kembali penutup transparannya, lalu mulai menginjak pedalnya dengan ritme yang santai.

Selagi Anda menginjak pedal, bola di dalam Drumi akan berputar dengan cepat. Dua menit kemudian, tekan tombol di sisi belakang Drumi untuk mengeluarkan air di dalamnya, lalu ulangi langkah-langkah di atas tanpa menambahkan deterjen untuk membilas pakaian. Proses pembilasan juga memakan waktu sekitar 2 menit. Jika ditotal, dengan waktu sekitar 5 menit dan 10 liter air, Anda bisa mencuci 6 - 7 pakaian tanpa membayar satu sen pun untuk biaya listrik.

Info menarik: Bukan Sabun! Dolfi Akan Bersihkan Pakaian Anda Dengan Ultrasonic

Tentu saja Drumi tidak bisa dijadikan pengganti mesin cuci secara menyeluruh. Pihak pengembangnya, Yirego, memaparkan bahwa Drumi lebih ditujukan bagi para penghuni apartemen kecil, orang tua yang sering mencuci pakaian bayi atau mereka yang gemar berkemah.

Tidak seperti Bike Washing Machine yang masih berupa konsep, Drumi rencananya akan siap dipasarkan mulai musim panas tahun ini juga, dengan harga ritel sekitar $169 (± Rp 2,2 juta). Bila Anda tertarik menggaetnya, jangan lupa informasikan ke anggota keluarga lain di rumah agar mereka tidak menggunakannya untuk menanak nasi. :)

Sumber: Yirego dan Digital Trends.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter