3 December 2014

by Bambang Winarso

Dua Akun Email Dalam Satu Aplikasi Gmail Android? Bisa, Seperti Ini Caranya!

Email atau surat elektronik tetap jadi media komunikasi yang populer di tengah-tengah gencarnya himpitan situs-situs jejaring sosial. Apalagi sederet aplikasi pesan pun kini dibekali kemampuan yang sama dengan email misalnya mengirim dokumen, foto bahkan video.

Tapi email tak bisa tergantikan begitu saja, khususnya di kalangan profesional. Anda yang tak bisa lepas dari email tentu menginginkan cara untuk mengakses sekian banyak email dengan mudah. Jawabannya bisa. Tapi kemudian pertanyaannya, apa bisa diakses dari satu perangkat tanpa harus menambah aplikasi lagi? Jawabannya juga bisa!

Smartphone Android Anda pastinya sudah berbekal aplikasi Gmail kan? Nah, cukup dengan satu aplikasi Gmail Anda bisa mengakses banyak akun email bahkan akun non-Google sekalipun. Begini caranya!

  • Pertama update dahulu aplikasi Gmail di smartphone Android Anda melalui Play Store, kemudian buka seperti biasa.

 

Info Menarik: Aplikasi iOS Pilihan 26 November – 3 Desember 2014

 

  • Setelah aplikasi Gmail terbuka, tap menu opsi di ikon tiga barus lurus, coba cek area bertanda bulatan di gambar ini.

  • Lalu tap tanda jarum di sebelah nama dan alamat email Anda sampai muncul menu Add Account.

  • Berikutnya pilih salah satu dari opsi yang muncul, untuk kasus ini saya pilih Google.

 

Info Menarik: [Video] Co-founder Apple Buka Pintu Hotel Pakai iPhone 6

 

  • Apabila email yang ingin ditambahkan sudah ada maka tap Existing, jika belum pilih New. Saya asumsikan alamat email-nya sudah ada, jadi tap Existing.

  • Ketikkan nama pengguna dan juga kata sandi yang benar, lalu tap tanda jarum sebelah kanan Anda.

  • Beri centang di semua data jika Anda ingin perangkat melakukan sinkronisasi data, sebaliknya bila tidak maka hilangkan semua tanda centang tersebut.

  • Selesai, email baru sudah ditambahkan ke dalam aplikasi. Jika sebelumnya saya hanya mempunyai dua alamat email, sekarang total saya mempunyai 3 alamat email di dalam satu aplikasi Gmail Android.

Menambah akun email baru di aplikasi Gmail Android ternyata sangat mungkin dan cukup mudah untuk dilakukan. Sekarang giliran Anda mencobanya.

Ilustrasi gambar header: Shutterstock