8 August 2012

by wiku

Dua Album Efek Rumah Kaca Bisa Didapatkan Gratis dan Legal Dengan Lisensi Creative Commons

Kabar gembira bagi penggemar band Efek Rumah Kaca (ERK), kini para penggemar musik band ini bisa mendengarkan atau mengunduh lagu dari album pertama dan kedua mereka secara gratis dan legal. Lagu-lagu dari dua album ERK ini bisa diunduh gratis berkat lisensi Creative Commons 3.0 yang diterapkan pada karya-karya lagu ERK.

ERK sendiri telah merilis dua album yang sebelumnya bisa didapatkan dalam bentuk CD dan tersedia di toko musik. Album pertama bertajuk Efek Rumah Kaca terdiri dari 12 lagu, diantaranya lagu yang cukup populer adalah: Desember, Cinta Melulu, Jatuh Cinta Itu Biasa Saja dan Di Udara. Sedangkan album kedua, berjudul Kamar Gelap terdiri dari 12 lagu dengan lagu yang populer antara lain: Jangan Bakar Buku, Menjadi Indonesia, Kenakalan Remaja di Era Informatika, Lagu Kesepian dan Mosi Tidak Percaya.

Sepertinya langkah ini selain mendukung penggunaan lisensi Creative Commons (CC) untuk karya cipta/ciptaan juga sebagai sarana promosi untuk mempersiapkan album mereka yang ketiga, yang masih dalam tahap proses rekaman dan dikabarkan akan diluncurkan tahun ini.

Lisensi CC yang digunakan oleh Efek Rumah Kaca untuk dua album mereka ini adalah CC 3.0 dimana pengguna bisa memperbanyak, mendistribusikan dan memperbanyak ciptaan yang ada dalam satu kesatuan kolektif. Anda juga bisa membuat dan memperbanyak adaptasi asalkan semua adaptasi dari karya menggunakan langkah yang sesuai untuk secara jelas memberi label, batasan atau indentifikasi perubahan terhadap ciptaan asli. Pengguna juga diwajibkan untuk memberi atribusi atas penggunaan ciptaan ini merujuk pada band ERK, tidak bisa digunakan untuk tujuan komersil, dan jika Anda menggunakan atau mengadaptasi ciptaan ini, Anda bisa mendistribusikan hasil karyanya hanya atas lisensi yang sama atau mirip dengan yang digunakan oleh ERK ini. Lebih lengkap bisa di cek di sini.

Creative Commons sendiri merupakan lembaga non profit yang menyediakan lisensi hak cipta yang mudah untuk digunakan dan memungkinkan pemilik karya/ciptaan untuk memberikan izin publik untuk membagikan dan menggunakan karya kreatif mereka dengan kondisi yang  dipilih sendiri. Lisensi ini bukan menjadi alternatif penggunaan hak cipta tetapi bekerja bersamaan dengannya. Ada beberapa pilihan linsensi yang bisa digunakan. Lebih lengkap bisa dibaca di sini.

Menarik melihat penggunaan lisensi ini yang menjadikan pengguna bisa menikmati karya ERK secara gratis dan legal, tentunya ini tidak merugikan mereka yang membeli CD album ERK sebelumnya, karena dengan memiliki CD penggemar mendapatkan kelebihan, seperti artwork dari album, konten yang ada di album tesebut - di luar lagu serta memiliki bentuk fisik album, yang bisa dikoleksi.

Album ERK ini diunduh secara gratis dan legal di tautan ini.