1. Startup

Dua Fitur Baru Google Docs

Google menambahkan kembali fitur untuk para pengguna Google Docs. Ada dua fitur tambahan, satu yang berhubungan dengan drag-and-drop file serta satu lagi berhubungan dengan tampilan lembar kerja.

Fitur drag-and-drop telah banyak diadopsi oleh layanan Google, baik di Google Docs maupun dilayanan Google lain seperti Gmail. Untuk dilayanan Google Docs, fitur drag-and-drop termasuk diantaranya adalah fasilitas untuk memindahkan gambar dari folder komputer langsung ke lembar kerja.

Selain menyediakan fasilitas untuk membuat dokumen, Google Docs juga menyediakan fasilitas untuk mengunggah dokumen. Sebelumnya untuk mengunggah dokumen, pengguna bisa memilih untuk mengunggah dengan cara 'biasa' dengan memilih file dari folder komputer Anda, kini Google menambahkan satu fitur lagi untuk menambahkan cara dalam mengunggah file, yaitu dengan drag-and-drop file langsung ke kotak unggah.

Cara menggunakan fasilitas ini sama seperti layanan drag-and-drop lain, pilih file yang akan di unggah, geser ke kotak unggah di Google Docs, setelah itu klik pilihan untuk memulai unggah file.

Satu lagi fasilitas tambahan untuk para pengguna Google Docs adalah fasilitas untuk menyembunyikan bagian atas dari Google Docs dan menghilangkan keterangan judul dokumen serta keterangan-keterangan yang berhubungan dengan fasilitas share, save serta tautan untuk layanan Google lainnya. Fitur ini berfungsi untuk membuat halaman lembar kerja menjadi lebih luas. Fitur ini bisa dinikmati dengan mengeklik pilihan view kemudian pilih compact controls, atau dengan menekan tombol Ctrl Shift F untuk pengguna Windows atau Cmd Shift F untuk para pengguna Mac.

Dua fasilitas ini memang fasilitas 'kecil' untuk layanan Google Docs, namun dengan beberapa pembaruan yang dilakukan mereka, Google semakin serius dengan layanan pengolah dokumen cloud mereka, selain fasilitas yang berhubungan langsung dengan layanan Google Docs, beberapa hari kemarin Google juga mengumumkan fasilitas Google Cloud Connect untuk memudahkan para pengguna aplikasi kerja Microsoft Office dengan menyedikan sebuah fasilitas sync bagi para pengguna Microsoft Office untuk mengintegrasikan dokumen yang mereka kerjakan dengan layanan Google Docs.

Di sisi lain, layanan aplikasi kerja serupa lain yang terus memperbaiki fasilitas mereka adalah Docs.com yang merupakan aplikasi kerja berbasis Microsoft Office yang terintegrasi dengan Facebook dengan menambahkan fitur untuk bekerja secara berkolaborasi lewat Facebook Groups. ReadWriteWeb juga menyebutkan bahwa Microsoft juga melakukan integrasi yang lebih luas atas layanan Web Apps mereka ke layanan Facebook, dan dikabarkan juga akan terintegrasi dengan layanan Facebook Messaging.

Bagi pengguna aplikasi kerja berbasis web, pembaruan sesederhana apapun akan cukup berarti, untuk fasilitas baru Google misalnya, kini akan lebih mudah untuk melakukan proses unggah file karena cukup dengan menggeser file yang akan di tempatkan dalam fasilitas penyimpanan Google Docs. Seperti halnya juga beberapa komentar yang ada di blog resmi Google Docs, fasilitas baru ini cukup dinantikan dan diapresiasi secara positif. Kita lihat fitur apa lagi yang akan ditambahkan pada layanan Google Docs.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again