Categories

Game

Dua Fitur Sosial di Overwatch Sukses Mengurangi Perilaku Negatif Gamer

Fitur-fitur ini meliputi Endorsements dan Looking For Group.

Yoga Wisesa - 16 July 2018

Selain konsisten dalam menyajikan update, mengimplementasikan perbaikan, serta menghalangi para cheater melakukan aksinya, aspek penting lain yang harus diperhatikan developer demi memastikan pemain tetap betah menikmati game mereka dalam waktu lama adalah menjaga komunitasnya tetap sehat. Dan Blizzard cukup andal dalam melakukannya.

Blizzard Entertainmen telah menerapkan banyak cara untuk mempromosikan sportivitas di Overwatch. Developer mengerti, gamer punya kecenderungan menyombongkan kemampuannya saat mereka menang. Cara paling sederhananya ialah dengan menuliskan 'gg ez' (good game, easy) untuk menunjukkan bagaimana pertandingan itu dapat diselesaikan secara mudah. Namun saat Anda menuliskannya di chat box, sistem akan segera mengubahnya jadi kalimat "Well played. I salute you all." hingga "It's past my bedtime. Please don't tell my mommy."

Selain itu, developer juga telah mengimplementasikan dua fitur 'proaktif'. Pertama adalah mempersilakan pemain menentukan kriteria rekan-rekannya saat mereka mencari grup (Looking For Group); lalu yang kedua ialah memberikan kita kemampuan mempromosikan gamer berkelakuan baik via Endorsements. Dan dengan gembira, game director Jeff Kaplan mengabarkan bahwa cara-cara ini sangat efektif memperbaiki perilaku pemain Overwatch.

Berkat Looking For Group dan Endorsements, Blizzard berhasil menekan obrolan kasar baik di jenis pertandingan kompetitf maupun match casual, khususnya di kawasan Amerika dan Korea. Kedua fitur ini ampuh mengurangi chat ofensif hingga 26,4 (Amerika) dan 16,4 persen (Korea) di Competitive Play; serta 28,8 (Amerika) dan 21,6 persen (Korea) dalam Quick Play.

"Kami sangat gembira melihat upaya komunitas dalam membuat Overwatch jadi tempat yang lebih baik. Terima kasih semuanya!" tutur Kaplan di forum Blizzard. "Dan kami akan terus mengembangkan fitur-fitur ini agar lebih efektif sembari mengeksplorasi cara-cara lain demi meningkatkan kualitas lingkungan bermain."

Mungkin Anda sudah bisa membayangkan (atau telah menggunakan) Looking For Group, tapi buat saya, Endorsements ialah fitur yang paling menarik di antara keduanya. Jika pemain mendapatkan apresiasi dari kawan-kawannya - bisa jadi karena perilakunya sangat membantu ataupun kelakuan positif selama bermain - mereka akan mendapatkan penghargaan. Blizzard belum menyampaikan detailnya, namun salah satu hadiahnya ialah lebih cepat menemukan match.

Ada satu komentar di forum Blizzard yang membuat saya tertawa geli. Beberapa gamer penasaran mengapa Blizzard baru menunjukkan dampak positif LFG dan Endorsements di kawasan Amerika serta Korea saja. Seorang pemain berkata santai, "Wilayah Eropa sudah terlalu toxic sehingga developer tidak menunjukkan hasilnya..."

Via HeroesNeverDie.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter