28 October 2014

by Yoga Wisesa

Dua Smartphone Baru Acer Dihadirkan Buat Pecinta Fashion Indonesia

Perbedaan menarik antara peluncuran produk teranyar Acer dan acara di bulan Juli kemarin adalah sang perusahaan asal Taiwan ini telah menemukan suatu tema yang pas dengan jajaran handset terbaru mereka. Event Jakarta Fashion Week akan dimulai akhir minggu ini, dan dua buah smartphone baru Acer perkenalkan demi menyambutnya.

Tentu saja, diusungnya topik itu tak berarti smartphone baru Acer hanya dikhususkan bagi pecinta adibusana saja. Namun fashion sendiri tidak bisa lepas dari desain. Dan kebetulan, salah satu model smartphone ini memenangkan Good Design Award 2014. Mereka ialah Acer Liquid Jade dan Acer Liquid Z500. Sang produsen Taiwan tersebut bahkan menggandeng desainer muda berbakat asal Indonesia, Rinda Salmun, sebagai Face of Jade.

Tapi sebelum menelaah tipe primadonanya, saya akan lebih dulu membahas Liquid Z500, handset kelas menengah berbekal kemampuan multimedia canggih. Melihat spesifikasi dan tingkat harga, Acer tampaknya mencoba mempenetrasi level pasar yang sama seperti Asus Zenfone 5 - belakangan ini sempat diburu konsumen dengan gencar.

Acer Liquid Z500 mengambil tenaga dari prosesor quad-core di dalamnya. Melalui sedikit riset di internet, versi global Liquid Z500 memanfaatkan chip MediaTek MT6582 berkecepatan 1,3GHz, berjalan di sistem operasi Android 4.4.2 KitKat, kemudian terdapat RAM 2GB, memori internal 16GB ditambah perluasan hingga 32GB via micro SD, baterai 2.000mAh, dan kemampuan dual SIM card.

 

Info menarik: Notebook 2-in-1 Acer Aspire Switch 10 Mendarat Bersama Smartphone Liquid E700 & Z200

 

Liquid Z500 mempunyai kamera utama f/2.0 bersensor 8-megapixel dan kamera depan 2-megapixel. Fitur kameranya disertai teknologi Acer Bright Light untuk membantu pengguna mengambil objek di ruang temaram atau minim cahaya. Liquid Z500 menawarkan layar IPS high definition 1280x720 294 ppi berukuran lima-inci.

Baiklah, kini saatnya kita menganalisa sang pemenang Good Design Award 2014. Setelah menjajalnya sedikit, saya pribadi cukup terpukau oleh penampilan Liquid Jade. Mungkin dari depan ia terlihat seperti smartphone premium biasa, tapi ketika Anda lihat Jade dari samping, ia ternyata sangat tipis - hanya berketebalan 7,5 milimeter. Rancangannya sangat elegan dan diklaim dibuat dengan proses manufaktur berpresisi tinggi.

Satu-satunya bagian tebal di sana adalah modul kameranya di bagian punggung atas. Liquid Jade memiliki frame melengkung, menjadi rumah bagi layar curved lima-inci yang dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 3. Ia tampil stylish berkat finishing metallic pada casing. Tapi jika berbicara tentang fashion dan mode, seni fotografi ialah faktor penting serta esensial. Dan teknologi kamera Liquid Jade sama sekali tidak mengecewakan.

 

Info menarik: Acer Perkenalkan Liquid Leap, Smart Band Fitness Pertama Mereka

 

Di sana Acer menambatkan sensor 13-megapixel (4160x3120-Px), fitur autofocus, LED flash, geo-tagging, lensa f/1.8, video 1080p dan tak lupa Acer Bright Light, serta kamera depan 2-megapixel. Komposisi hardware-nya tak kalah canggih, Anda mendapatkan prosesor quad-core 1,3GHz, 2GB RAM, penyimpanan internal 16GB, dual SIM card, baterai 2.100mAh, konektivitas Bluetooth 4.0, GPS, dan Wi-Fi; beroperasi di platform Android 4.4.2 KitKat. Baik Liquid Jade maupun Z500 sudah dilengkapi Acer Liquid UI, Float UI, Quick Mode serta Live Screen.

"Kami senang dan bangga dapat menghadirkan dua smartphone terbaru yang dipersembahkan untuk kalangan fashionista Indonesa, Acer Liquid Jade dan Liquid Z500," ujar president director Herbet Ang. " Menurut Acer, mereka memilih Rinda Salmun karena beliau merupakan sosok inspiratif, terkenal melalui kiprahnya di pasar internasional.

Bekerjasama dengan Erafone, rencananya Acer Liquid Jade dan Liquid Z500 segera tersedia di pameran Indocomtech JCC Senayan besok tanggal 29 Oktober hingga 2 November 2014. Anda bisa memilih dua jenis warna: hitam dan putih. Liquid Z500 dibanderol seharga Rp 2,1 juta dan Liquid Jade ditawarkan di harga Rp 3,6 juta.