Categories

Gadget

Dua Smartwatch Android Wear: LG G Watch dan Samsung Gear Live Resmi Diumumkan

Bambang Winarso - 26 June 2014

Dua perangkat smartwatch berbasis Android Wear akhirnya secara resmi diumumkan. LG G Watch tak sendirian karena vendor Samsung membututi LG dengan jagoan baru berbasis OS yang sama bernama Samsung Gear Live. Dengan begitu maka LG dan Samsung resmi menjadi dua vendor tambahan yang bermain di ranah smartwatch khususnya platform Android Wear.

Yang pertama kita bahas adalah LG G Watch, jam tangan pintar ini dipastikan berbekal layar LCD IPS 1,65 inci dengan resolusi 280 x 280 piksel. Untuk melindungi dalaman LG G Watch mendapatkan bekal anti debu dan air IP67. Seperti disebutkan dalam kabar sebelumnya di mana komponen layar mendapatkan amunisi teknologi always on namun demikian LG menjanjikan tingkat konsumsi baterai yang rendah pada perangkatnya.

Untuk mengakomodasi fitur always on tersebut LG menanamkan komponen baterai 400mAh yang notabene lebih besar dibandingkan Samsung Gear 2 atau bahkan pesaingnya Samsung Gear Live yang hanya 300mAh. Dimensi LG G Watch juga lebih kecil ketimbang Gear 2 dengan dimensi tepatnya 37.9 x 46.5 x 9.95mm dan bobot 63g.

 

Info Menarik: Android One, Program Google Untuk Sediakan Perangkat Android Rp 1 Jutaan

 

Bagian dalam perangkat terdapat prosesor Snapdragon 400 dengan kecepatan 1,2GHz dengan memori internal 4GB dan RAM 512MB. Berbeda tipis dengan rumor sebelumnya, LG G Watch justru hadir dengan dua pilihan warna White Gold dan Black Titan.

Fase pre-rder LG G Watch akan dimulai dalam waktu dekat dengan banderol mulai $299 dan akan mulai dikapalkan pada 7 Juli mendatang. Rencananya LG G Watch akan dipasaran ke setidaknya 27 negara meliputi Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Spayol, Korea Utara, Jepang termasuk Australia, Brazil, Meksiko, Selandia Baru, Singapura dan Rusia.

Sedangkan untuk Samsung Gear Live secara umum spesifikasinya tak berbeda jauh dengan LG G Watch, perbedaan yang paling mencolok terdapat pada sisi harga di mana perangkat Samsung hanya dibanderol $199.

Dimensi Samsung Gear Live terbilang lebih kecil dibandingkan Gear Neo di 37.9 x 56.4 x 8.9 mm dengan bobot 59 gram. Selain baterai yang lebih kecil 3000mAh, Gear Live berbekal komponen yang sama dengan LG G Watch seperti prosesor Snapdragon 400 SoC berkecepatan 1.2GHz, memori internal 4GB dan RAM 512MB.

Samsung Gear Live berbekal layar AMOLED 1,63 inci dengan resolusi 320 x 320 piksel. Peminat Samsung Gear Live dapat melakukan pre-order perangkat ini melalui Google Play dengan harga $199.

Sedangkan untuk Moto 360, meski tidak mendapatkan sorotan cukup banyak, disebutkan akan mulai dirilis musim panas (waktu AS) atau sekitar buan Juli - Agustus 2014.

Sumber berita Phone arena 1 dan 2.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter